Antara Buku Elektronik (E Book ) dan Buku

Antara Buku Elektronik (E Book ) dan Buku

Antara Buku Elektronik (E Book ) dan Buku

Antara Buku Elektronik (E Book ) dan Buku
Antara Buku Elektronik (E Book ) dan Buku

Bahasan ini mungkin telah banyak dibahas di media lain, dan sudah bukan lagi menjadi topik yang tabu untuk dibahas. Tetapi, bukan berarti topik ini sudah menjadi topik yang tidak menarik untuk dibahas karena di luar sana masih banyak membutuhkan bahasan seperti ini. Tentunya banyak sekali kelebihan dan kekurangan dari keduannya. Untuk itu, tidak ada salahnya bila kita mengetahuinya.

Buku Elektronik

Buku elektronik atau yang populer dengan sebutan eBook singkatan dari Electronik Book, yaitu sebuah buku – sama halnya dengan sebuah buku yang biasa Anda lihat atau baca – yang bisa di buka atau di baca dengan menggunakan alat elektronik seperti PDA, komputer, atau alat portabel lainnya yang bisa membuka file untuk eBook.

Untuk eBook sendiri, ada beberapa jenis format file yang biasa digunakan seperti dalam ebookreaderbuzz.com, diantaranya :

File PDF tersedia secara luas. Hal ini terjadi karena pembaca adobe (sebelumnya Acrobat Reader) yang disertakan dengan MS Windows. Jenis file juga mendukung grafis dan warna. Hal ini didukung oleh sebagian besar pembaca eBook populer.
File AZW diciptakan oleh Amazon Kindle khusus untuk file-file tersebut, berdasarkan standar Mobipocket dan ada sejumlah utilitas perangkat lunak tersedia untuk mengkonversi ke format lain.
EPUB merupakan standar open source. Hal ini didukung oleh sebagian besar pembaca ebook utama. Jenis file ini digunakan terutama oleh penerbit yang ingin tingkat keamanan yang lebih tinggi.
LRF / LRX biasanya tidak ditampilkan tetapi digunakan dalam standar BeBook. Ini adalah standar proprietary yang digunakan oleh pembaca Sony ebook. Meskipun Sony ebooks saham tidak lagi dalam standar BeBook pembaca ebook mereka masih mendukungnya.
RRC adalah format Mobipocket. Hal ini digunakan secara luas di ponsel dan PDA. Kindle juga mendukung jenis file ini.
DOC dan TXT file adalah file dokumen diterima secara umum jenis. Meskipun banyak pembaca ebook mendukung jenis file mereka akan lebih berguna jika Anda berniat untuk menggunakan ebook reader Anda untuk bisnis juga.
MP3 ini bukan jenis file ebook, tapi pembaca ebook mendukungnya. Hal ini dapat digunakan untuk buku audio dan mendengarkan musik saat Anda membaca. Pastikan pembaca memiliki jack audio untuk headphone sehingga Anda tidak mengganggu orang lain. Beberapa pembaca ebook individu akan mendukung jenis file yang mereka sendiri tetapi umumnya tren adalah menuju PDF dan EPUB. Sekarang Amazon telah memperkenalkan dukungan untuk PDF pada Kindle, meskipun dengan prosedur konversi offline, standar Tampaknya ditetapkan untuk masa depan.
Namun yang lazim digunakan adalah dengan format pdf (Portable document format) yang bisa dibuka dengan program Acrobat Reader atau program lain yang bisa membuka file seperti itu. Mengapa menggunakan Acrobat reader? Karena Acrobat reader mudah untuk dikelola dan mudah untuk mengelola keamanannya.

Agar dapat mengoperasikan eBook dengan program pdf, sebelumnya program Acrobat reader tersebut sudah harus terisnstal pada perangkat pc, notebook, ataupun perangkat lainya yang mendukung pengelolaan program ini.

Untuk icon dalam program pdf adalah seperti berikut :

Sumber : https://tribunbatam.co.id/typoman-mobile-apk/