Bahasa Pemrograman yang digunakan pada Komputasi Paralel

Bahasa Pemrograman yang digunakan pada Komputasi Paralel

Bahasa Pemrograman yang digunakan pada Komputasi Paralel

 

Bahasa Pemrograman yang digunakan pada Komputasi Paralel

Message Passing Interface (MPI)

Message Passing Interface (MPI) adalah sebuah standard pemrograman yang memungkinkan pemrogram untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat dijalankan secara paralel. Proses yang dijalankan oleh sebuah aplikasi dapat dibagi untuk dikirimkan ke masing – masing compute node yang kemudian masing – masing compute node tersebut mengolah dan mengembalikan hasilnya ke komputer head node.

 

Kegunaan :

Menulis kode paralel secara portable.
Mendapatkan performa yang tinggi dalam pemrograman paralel.
Menghadapi permasalahan yang melibatkan hubungan data irregular atau dinamis yang tidak begitu cocok dengan model data paralel.

 

 

Parallel Virtual Machine (PVM)

Parallel Virtual Machine (PVM) adalah paket software yang mendukung pengiriman pesan untuk komputasi parallel antar komputer. PVM dapat berjalan diberbagai macam variasi UNIX atau pun windows dan telah portable untuk banyak arsitektur seperti PC, workstation, multiprocessor dan superkomputer.

 

Komponen :

PVM daemon merupakan semacam program yang berjalan di “belakang” dan biasanya menangani program dari para klien. Komponen ini berada pada setiap komputer yang terhubung dalam virtual machine (mesin virtual). PVM Berguna untuk membentuk konfigurasi host dalam PVM dan mengkoordinir komunikasi antar host.

PVM libraries merupakan komponen antarmuka pemakai PVM untuk melakukan pengiriman pesan, pembuatan proses, koordinasi proses dan modifikasi virtual machine.

 

 

Perbedaan Komputasi Tunggal dan Komputasi Paralel

Dari perbedaan kedua gambar di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kinerja komputasi parallel lebih efektif dan dapat menghemat waktu untuk pemrosesan data yang banyak daripadakomputasi tunggal.Dari penjelasan-penjelasan di atas, kita bisa mendapatkan jawaban mengapa dan kapan kita perlumenggunakan komputasi paralel. Jawabannya adalah karena komputasi paralel jauh lebih menghemat waktu dan sangat efektif ketika kita harus mengolah data dalam jumlah yang besar. Namun keefektifan akan hilang ketika kita hanya mengolah data dalam jumlah yang kecil, karena data dengan jumlah kecil atau sedikit lebih efektif jika kita menggunakan komputasi tunggal.

 

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :