Bakat

Table of Contents

Bakat

Bakat merupakan potensi dalam diri seseorang yang dengan adanya rangsangan tertentu memungkinkan orang tersebut dapat mencapai sesuatu tingkat kecakapan, pengetahuan dan ketrampilan khusus yang sering kali melebihi orang lain.

Anak mulai mengenal konsep moral pertama kali dari lingkungan keluarga. Pada mulanya, mungkin anak tidak mengerti konsep moral ini, tapi lambat laun anak akan memahaminya. Pada usia sekolah dasar, anak sudah dapat mengikuti peraturan atau tuntutan dari orang tua atau lingkungan sosialnya. Pada akhir usia ini, anak sudah dapat memahami alasan yang mendasari suatu peraturan. Di samping itu, anak sudah dapat mengasosiasikan setiap bentuk perilaku dengan konsep benar-salah atau baik-buruk.

  1. Sikap

Sikap merupakan ekspresi atau manifestasi dari pandangan individu terhadap objek. Sikap merupakan sistem yang bersifat menetap dari komponen kognisi, afeksi, dan konasi (Krech, 1973: 139).

Kepada orang tua sangat dianjurkan bahwa selain memberikan bimbingan juga harus mengajarkan bagaimana anak bergaul dalam masyarakat dengan tepat, dan dituntut menjadi teladan yang baik bagi anak, mengembangkan keterampilan anak dalam bergaul dan memberikan penguatan melalui pemberian hadiah kepada anak apabila berbuat atau berperilaku yang positif.

Terdapat bermacam hadiah yang sering kali diberikan kepada anak, yaitu yang berupa materiil dan non materiil. Hadiah tersebut diberikan dengan maksud agar pada kemudian hari anak berperilaku lebih positif dan dapat diterima dalam masyarakat luas. Fungsi hadiah bagi anak, antara lain:

  1. memiliki nilai pendidikan.
  2. memberikan motivasi kepada anak.
  3. memperkuat perilaku dan.
  4. memberikan dorongan agar anak berbuat lebih baik lagi.

 Fungsi hukuman yang diberikan kepada anak adalah:

  1. fungsi restruktif.
  2. fungsi pendidikan.
  3. sebagai penguat motivasi.

 Syarat pemberian hukuman adalah:

  1. segera diberikan.
  2. konsisten.
  3. konstruktif.
  4. impresional artinya tidak ditujukan kepada pribadi anak melainkan kepada perbuatannya.
  5. harus disertai alasan.
  6. sebagai alat kontrol diri
  7. diberikan pada tempat dan waktu yang tepat.

baac juga :