Beternak Ayam Kampung atau Ayam Jawa Super yang Mudah

Beternak Ayam Kampung atau Ayam Jawa Super yang Mudah

Beternak Ayam Kampung atau Ayam Jawa Super yang Mudah

 

Beternak Ayam Kampung atau Ayam Jawa Super yang Mudah
Beternak Ayam Kampung atau Ayam Jawa Super yang Mudah

1. Cara Pembuatan Kandang.

Pembuatan kandang untuk ayam kampung super yang masih umurnya kurang dari 20 hari, yaitu dengan kandang kotak persegi dengan ukuran 1 x 1 m yang dapat diisi maksimal 40 – 45 bibit ayam atau DOC. Dan sebagai penghangat, pada kandang kotak atau boks tersebut di beri lampu yang bersuhu di antara 30 – 32 derajat celcius agar bibit ayam kampung super tersebut dalam kondisi selalu hangat.Untuk pembuatan
kandang berikut nya yaitu pembuatan kandang untuk umbaran atau pembesaran dengan perhitungan ukuran kandang 5 x 20 m dapat diisi sebanyak 1200 ekor ayam kampung super. Penempatan ayam kampung super ke dalam kandang umbaran atau pembesaran di mulai pada ayam kampung super berumur 21 hari sampai umur siap untuk di panen.

Dalam memilih tempat untuk kandang ayam jawa super tersebut sebaiknya harus di perhatikan, seperti jangan terlalu dekat keramaian, terkena sinar matahari pagi, sirkulasi udara cukup bagus, tidak lembab dan posisi kandang terlindungi dari hembusan angin secara langsung.

2. Pemilihan Bibit Ayam Kampung Super yang Unggul.

Pemilihan bibit ayam kampung super atau DOC yang unggul dan yang berkualitas baik memang harus di perhatikan, karena hal ini akan sangat menentukan keberhasilan daripada budidaya atau beternak ayam kampung super nanti nya. Bibit ayam kampung super yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang sehat dan tidak cacat, bulu mengkilap dan bersih, berdiri tegap dan mata bersinar.

3. Pemberian Pakan Ayam Kampung Super.

Pemberian pakan untuk ayam kampung super yang sesuai dengan aturan dan sesuai dengan umur ayam, sangat berperan dalam menentukan pertumbuhan dari ayam kampung super tersebut. Adapun bahan-bahan pakan yang biasa di berikan yaitu : kosentrat, jagung giling dan dedak. Agar kita bisa menghemat biaya
pakan, kita dapat memanfaatkan sisa-sisa makanan di rumah, seperti nasi, roti bs, mie instan remuk dan lain-lain yang masih layak dan tidak berbahaya bagi ayam kampung super tersebut.

Di samping pemberian pakan yang teratur, kita juga harus memberikan minuman terhadap ayam kampung super secara terus-menerus ke dalam tempat minuman ayam, jangan sampai kehabisan. Dan dalam minuman tersebut dapat juga di campuri atau di tambah kan vitamin khusus untuk ayam kampung super.

4. Pengendalian Penyakit Ayam Kampung Super.

Pengendalian penyakit ayam kampung super memang harus di perhatikan dan harus di lakukan, karena penyakit pada ayam kampung super dapat menimbulkan masalah, bahkan dapat menimbulkan kerugian yang besar terhadap peternak nya.

Hal-hal yang harus kita lakukan untuk mencegah penyakit ayam kampung super, yaitu ;

– Pemilihan lokasi peternakan yang bebas dari penyakit.
– Melakukan vaksinasi dengan teratur.
– Sistem pemeliharaan yang baik.
– Selalu menjaga sanitasi lingkungan kandang, peralatan kandang serta manusianya.

5. Manajemen Pemeliharaan yang Baik.

Beternak ayam kampung juga harus di tunjang dengan sistem manajemen pemeliharaan yang baik, karena hal ini sangat penting dalam keberhasilan ternak yang sedang di jalani. Manajeman pemeliharaan bertujuan agar kita dapat mengontrol penyakit ayam dan ayam kampung super yang sedang kita ternak itu dapat tumbuh dengan sehat. Dan yang penting dalam pemeliharaan kita harus teliti dalam pemberian pakan, kebersihan kandang dan memberikan vaksinasi ayam secara teratur.

Baca Juga: