Buah Ini Bisa Kecilkan Pori-Pori

Buah Ini Bisa Kecilkan Pori-Pori

Buah Ini Bisa Kecilkan Pori-Pori

Buah Ini Bisa Kecilkan Pori-Pori
Buah Ini Bisa Kecilkan Pori-Pori

Tahu apa yang sama menyebalkannya dengan kulit berjerawat dan komedo? Pori-pori besar! Bahkan tidak jarang orang, terutama perempuan, yang jadi merasa tidak pede karena memiliki pori-pori yang besar, karena kesannya wajah kita jadi terlihat “bolong-bolong”.

Tapi sebenarnya apa sih yang jadi penyebab pori-pori besar? Ada beberapa hal, antara lain malas membersihkan muka, suka memencet jerawat dan komedo sendiri, sering mengonsumsi makanan berlemak, terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen, dan juga malas menggunakan pelembab.

Nah, selain menghindari hal-hal di atas, sebenarnya ada cara mengecilkan pori wajah yang alami dengan menggunakan buah. Supaya kamu nggak bingung lagi dengan pori-pori wajah yang besar, simak terus buah apa saja yang bisa kamu pakai.

 

1. Tomat

Buah tomat mengandung potasium dan vitamin C yang tinggi sehingga bisa mengatasi kulit kusam dan mencerahkan kembali. Belum lagi kandungan likopennya yang mampu melawan radikal bebas dan bantu mengatasi masalah kulit yang berhubungan dengan penuaan, termasuk pori-pori yang membesar.

Cara menggunakan tomat untuk mengatasi pori wajah yang besar juga mudah. Kamu cukup membagi tomat yang sudah matang menjadi dua bagian. Lalu gosokan tomat ke seluruh wajah dan diamkan hingga jus dari tomat terserap ke wajah. Setelah 15 menit, bilas wajah hingga bersih. Lakukan ini minimal 2 kali seminggu untuk hasil maksimal,

 

2. Mentimun

Sekarang banyak skin care berbahan dasar mentimun untuk mengencangkan kulit wajah, termasuk mengecilkan pori wajah. Kenapa? Karena dengan kandungan airnya yang tinggi, mentimun dipercaya bisa menghidrasi kulit wajah, menjaga elastisitas kulit, dan membantu mengembalikan tekstur wajah ke tekstur awal. Menarik, bukan?

Kamu bisa menggunakan mentimun dengan menjadikannya sebagai masker alami. Caranya mudah banget. Kamu tinggal potong-potong tipis mentimun dan tempelkan potongan tersebut di seluruh wajahmu dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas wajahmu dengan air dan keringkan. Lebih baik dinginkan mentimun terlebih dahulu sebelum digunakan.

 

3. Lemon

Selain untuk mencerahkan wajah, ternyata lemon memiliki kegunaan untuk kecilkan pori wajah, lho! Jadi, kandungan asam sitrat pada lemon memiliki kemampuan untuk mengecilkan pori-pori yang membesar. Selain itu, lemon juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

Kamu cukup peras setengah buah lemon dan campurkan dengan satu sendok teh madu. Aduk rata dan oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

 

4. Apel

Pasti kamu pernah dengar ungkapan “an apple a day, keep the doctor away” kan, Girls? Nah, ternyata apel tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kecantikan, terutama dalam mengecilkan pori-pori wajah. Apel mengandung asam malic yang berguna untuk membersihkan pori-pori dan mengembalikan ke tekstur yang seharusnya.

Cara membuat masker alami dari apel ini mudah. Sediakan apel malang dan blender hingga halus, lalu aplikasikan ke seluruh bagian wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

 

5. Alpukat

Salah satu primadona di dunia kecantikan. Bagaimana tidak, kalau buah alpukat punya banyak manfaat untuk kulit wajah dan salah satunya untuk kecilkan pori wajah. Kaya akan vitamin E dan K, alpukat bukan hanya bermanfaat untuk mengecilkan pori wajah, tapi juga mengencangkan kulit dan melembabkan.

Ambil setengah buah alpukat dan haluskan. Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas wajah dengan air dingin dan keringkan. Ulangi 2-3 kali selama seminggu.

Nah, itu dia 5 buah yang bisa kamu gunakan untuk kecilkan pori-pori wajah. Tapi, tidak semua orang rajin untuk bikin masker kan, ya. He-he-he. Jadi buat kamu yang malas untuk bikin masker buah sendiri tapi mau merawat pori-pori, ada caranya, kok.

Kamu bisa coba menggunakan Clean & Clear Daily Pore Cleanser yang memiliki teknologi Purerice yang secara inovatif dapat menyerap dan mengurangi minyak berlebih penyebab komedo. Selain itu, Salicylic Acid membantu mencegah jerawat dan terbentuknya komedo baru di wajah.

Kandungan Apple fruit-acid dan Microbeads-nya juga mampu membersihkan komedo dan pori yang tersumbat pada sumbernya, serta membantu membuat pori-pori tampak lebih kecil. Sehingga kulitmu akan jadi lebih bersih, lembut dan halus, Girls!

Gampang banget, kan? Jangan malas lagi untuk merawat pori-porimu, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga :