Cara Memelihara Kelomang Darat Untuk Pemula

Cara Memelihara Kelomang Darat Untuk Pemula

Cara Memelihara Kelomang Darat Untuk Pemula

Cara Memelihara Kelomang Darat Untuk Pemula
Cara Memelihara Kelomang Darat Untuk Pemula

Bagaimanakah caranya untuk memelihara kelomang darat? Kelomang, atau dikenal pula sebagai kepiting pertapa, ialah binatang krustasea dekapod yang tergolong dalam superfamili Paguroidea. Kelomang mempunyai perut yang panjang, berbentuk spiral, dan teksturnya lembut. Untuk melindungi diri dari serangan predator, kelomang biasanya memanfaatkan cangkang siput kosong sebagai rumahnya.
Nah, jikalau Anda ingin memelihara kelomang sendiri, ikut kiat-kiatnya di bawah ini!

Pelihara Beberapa Kelomang

Kelomang ialah binatang yang membutuhkan sahabat untuk mendukung kehidupannya. Tetapi kelomang yang ditempatkan di dalam satu wadah mampu laga untuk memperebutkan cangkang. Makara solusinya pilih beberapa kelomang yang memiliki postur badan tidak sama sehingga potensi saling berebut cangkang dapat diminimalisir.

Siapkan Tempat yang Sesuai

hiu megalodon – Kebanyakan para penghobi menggunakan aquarium yang dilengkapi perangkat heater sebagai kawasan tinggal kelomang. Sebagai opsi lain, Anda mampu memanfaatkan bejana atau ember sebagai wadah pemeliharaan. Buat suasana di dalam ember serasa di pantai dengan memasukkan lapisan pasir sedalam 5-10 cm tergantung ukuran kelomang.

Pemberian Makan dan Minum

Kelomang tidak terlalu rakus dalam hal makan ataupun minum. Mereka sangat menyukai pakan yang manis. Di antaranya yaitu kelapa, labu siam, tebu, rambutan, apel, ubi, bengkuang, bekatul, pelet ikan, dan lain-lain. Agar terjaga kesegarannya, makanan-makanan ini perlu diganti setiap 3 kali/hari. Sedangkan untuk minumannya, Anda mampu menyediakan dua wadah yang berisi air sumur dan air sumur yang diberi garam kasar. Jangan pernah menggunakan air dari PDAM ya alasannya mengandung kaporit.