cara ganti begroun blog

Cara Mengganti Background Bawaan Blog

Cara Mengganti Background Bawaan Blog

Sebagai blogger pemula, kemungkinan ada keinginan untuk mengotak-atik template blog. Karena tampilannya yang kurang sesuai atau gambar background tidak sesuai dengan topik blog kita atau tampilan blog yang terlalu kaku. Ya, wajar aja sih. Aku juga gitu hehe.

Syarat

    1. Sudah tersedia gambar penggantinya. ~Jangan bilang kamu gak punya penggantinya.
    2. Ada koneksi internet yang stabil.
    3. Ukuran gambar pengganti sesuai dengan ukuran gambar background bawaan. Maksudnya, ketika gambar yang baru akan dipasang di blog, apakah sesuai dengan tempat yang tersedia di template blog tersebut?. Kalau kita memaksa untuk mengunggah gambar yang tidak sesuai dengan ‘tempatnya’, bukan cuma gak enak dilihat tapi juga mengurangi maksud yang ingin disampaikan lewat gambar tersebut. Jadi, apakah kamu sudah tahu berapa ukuran yang pas untuk blogmu?. (Kalau gak tau) mending cek langsung di template blog yang kalian gunakan atau baca postinganku yang lain mengenai cara mengetahui ukuran background bawaan template blog sebagai referensi.
    4. Sudah menemukan kata kunci yang berkaitan dengan gambar background bawaan blog. Caranya dengan membuka situs blog kalian misalkan: namasaya.blogspot.com. Lalu cari informasi yang berkaitan dengan gambar background bawaan blog. Misalkan siapa pemilik gambar background tersebut.

 Praktik ini menggunakan template Contempo Nomor 1 dan informasi yang di dapat adalah credit gambar dari Michael Elkan yang terdapat pada bagian footer blog.

Eksekusi

    1. Mempublis sebuah halaman / page. Jadi, buatlah sebuah halaman baru di blog kalian. Isi dari halaman tersebut adalah untuk menampung gambar yang akan dijadikan background blog. Halaman tersebut hanya berisi gambar saja dan tidak ada teks atau keterangan apapun. Setelah dipublikasikan, buka halaman tersebut dengan cara klik lihat pada halaman yang telah dibuat. Lalu klik kanan pada gambar >>>Buka gambar di tab baru >>> Copy link gambar yang terdapat di address bar.
    2. Menuju Tema > Edit HTML. Tekan CTRL + F >>> ketikkan Keyword/kata kunci yang yang telah kamu dapatkan >>> Enter. Cari URL yang merupakan link dari gambar background blog (biasanya muncul pada hasil pencarian pertama) >>> Blok URLnya secara lengkap >>> Pastekan URL yang di-copy tadi (URL gambar yang diletakkan di halaman). Jangan lupa klik simpan tema.
    3. (OPSIONAL) Hapus Page / halaman. Kamu bisa menghapus halaman/page yang baru saja dibuat. Tapi juga kamu boleh membiarkannya. Jika kamu memilih untuk menghapus halaman yang berisi gambar tersebut, tidak perlu khawatir bahwa gambar akan hilang. Insyaallah.
Cara Mengganti Background Bawaan Blog
Selanjutnya, coba lihat blogmu (namasaya.blogspot.com). Jika gambar belum berubah, coba dengan cara memuat ulang atau Refresh blog kamu.
Selesai. Semoga bermanfaat.