Cara meningkatkan birahi pada burung kenari

Cara meningkatkan birahi pada burung kenari

Bagi seorang peternak burung kenari patinya akan sangat senang jika burung mereka yang dipelihara selalu bertelur dan beranak, karena dengan itulah keuntungan akan selalu mengalir. Namun perlu kita ketahui bahwa kesemua itu pastinya harus didasari dengan ilmu, sabar, dan perawatan yang sungguh-sungguhBanyak dari peternak pemula yang berhenti tidak melanjutkan ternaknya dikarenakan kurang bersabar dalam merawat burung kenari tersebut. Ada yang susah menjodohkan, ada yang sudah berjodoh tapi induk betina tidak mau mengeram, ada yang kenarinya tidak kunjung birahi/kawin, dan lain sebagainya.

Kesemua maslah diatas adalah maslah yang umum dan pasti dihadapi oleh semua peternak, seperti yang telah sya sampaikan diatas bahwa kita harus bersabar ketika ingi membangun usaha dibidang peternakan. Selain bersabar tentunya kita juga harus menguasai ilmu  dalam beternak, dan salah satu ilmu tersebut yang akan saya ulas pada artikel ini adalah cara meningkatkan birahi pada burung kenari.

Sebelum membahas tentang perawatan agar meningkatkan birahi pada burung kenari, ada faktor pendukung yang harus kita ketahui. Faktor pendukung tersebut adalah pakan, dan pakan agar kenari cepat birahi tersebut antara lain:

1. Telur puyuh rebus

Telur puyuh adalah sumber protein pengganti serangga dialam liar yang dapat kita manfaatkan untuk merangsang agar burung kenari cepat birahi. Karena telur puyuh rebus mengandung banyak protein yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan hormon perangsang agar kenari cepat birahi.

2. sayuran

Selain telur puyuh sayur juga mengandung banyak sumber vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan burung kenari. Dari pengalaman banyak peternak bahwa sayur yang bagus untuk meningkatkan birahi adalah sawi hijau, sawi putih, daun ginseng, gambas, jagung manis”.

3. buah

Dari kedua pakan diatas ada satu pakan lagi yang sering menjadi andalan para peternak untuk merangsang burung kenari mereka agar cepat birahi. Pakan tersebut adalah buah, dan buah tersebut adalah apel. Apel sangat dipercaya untuk meningkatkan birahi pada burung kenari. Hal itu terbukti pada kebanyakan peternak yang memanfaatkan buah apel untuk merangsang birahi agar kenari cepat kawin.

Itulah pakan tambahan yang dipercaya untuk merangsang birahi pada burung kenari, Setelah kita mengetahuinya marilah berlanjut ke cara perawatanya

Cara perawatan untuk meningkatkan birahi pada burung kenari

– Setiap pagi setelah membersihkan sangkar, mandikanlah burung kenari anda, setelah itu lakukan penjemuran jagan lebih dari jam 10:00. karena setelah jam 10:00 terik matahari sangat panas dan bisa membuat kenari kena penyakit maslah pernafasan.

– Sembari dijemur berikanlah pakan tambahan seperti yang telah dijelaskan diatas, akan tetapi pemberian pakan diatas jangan berlebihan terutama telur puyuh rebus, telur puyuh rebus berikanlah setiap 2 minggu sekali saja.

– Dalam proses penjemuran tersebut, kita juga bisa memancing birahi kenari tersebut dengan cara mendekatkan sangkar jantan dan betina.

– Setelah penjemuran selesai angin-anginkanlah burung kenari tersebut sambil mendekatkan antara sangkar jantan dan betina.

– Lakukan cara-cara ini secara teratur dan konsisten hingga kenari tersebut berjodoh.

Itulah beberapa cara meningkatkan birahi pada burung kenari yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat

Baca juga: