Cara Merawat Kura-kura Brazil Yang Benar

Cara Merawat Kura-kura Brazil Yang Benar

Cara Merawat Kura-kura Brazil Yang Benar

Cara Merawat Kura-kura Brazil Yang Benar
Cara Merawat Kura-kura Brazil Yang Benar

Bagaimana cara merawat kura-kura brazil yang benar? Kura-kura ini memang merupakan binatang endemik dari Brazil, Amerika Selatan. Beberapa penghobi kerap memanggilnya dengan sebutan RES (Red-Eared Slider) sebab memiliki warna kemerah-merahan di sekitar area telinganya. Perlu diketahui, kura-kura brazil (Trachemys scripta) merupakan salah satu jenis kura-kura air. Di bawah ini faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memelihara kura-kura brazil bagi pemula!

Penyediaan Media Pemeliharaan

ikan cupang – Kura-kura brazil menghabiskan sebagian besar waktunya di air. Media pemeliharaan yang paling mengagumkan ialah bak yang mempunyai lingkungan perairan dan daratan. Anda tetap bisa menggunakan akuarium, ember, atau kontainer asalkan dilengkapi dengan beberapa watu sebagai daerah berjemur kura-kura. Opsi lainnya ialah Anda bisa menggunakan wadah yang sepenuhnya berisi air, namun sesekali biarkan kura-kura ini di daratan selama 30 menit.

Jenis Air yang Digunakan

Anda harus menggunakan air tawar untuk diisi ke dalam tangki. Air yang paling mengagumkan yakni air tanah yang diambil dari sumur. Usahakan suhu air di dalam bak berada di kisaran 20-25 derajat celsius. Jika Anda ingin memakai air PAM, usahakan untuk mengendapkannya selama 24 jam terlebih dahulu. Kandungan kaporit pada air ini sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup kura-kura brazil.

Kebutuhan Sinar Matahari

Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D alami yang diperlukan oleh semua makhluk hidup, tak terkecuali dengan kura-kura. Sinar ini bisa mendukung proses pertumbuhan karapas. Ada baiknya Anda rutin menjemur kura-kura setiap hari, mulai dari pukul 6-9 pagi. Tetapi jikalau Anda terlalu sibuk untuk melakukannya, maka lengkapilah akuarium dengan perangkat UV sehingga kebutuhan vitamin D pada kura-kura tetap terpenuhi dengan baik.