Cara mudah beternak ikan lele

Cara mudah beternak ikan lele

Cara beternak ikan lele dengan media kolam terpal akhir-akhir ini menjadi pilihan para petani dibanding dengan media yang lain. Karena kolam terpal mempunyai kelebihan dibandingan dengan kolam tanah, bisa disesuaikan pada tempat yang sempit, bisa dibuat disamping rumah, dihalaman rumah dan lain sebagainya. Berikut ini kelebihan dari kolam terpal dibandingkan dengan kolam lainya:

ternak lele

1. Tak memerlukan tempat besar serta bisa sesuai dengan kemampuan yang dipunyai, hingga di perkarangan rumah juga kita bisa membudidayakannya.
2. Biaya pembuatan kolam relatif lebih kecil dibandingkan dengan kolam semen.
3. Tak dipengaruhi oleh keadaan tanah, sebagian daerah barangkali memiliki kandungan tanah yang telah terkontaminasi dengan zat kimia serta tak steril dari hama.
4. Gampang dalam pengeringan serta ganti air supaya terus bersih.
5. Lebih praktis dan mudah dipindahkan ditempat lain
6. Lebih mudah disaat memanen lele

langkah-langkah beternak ikan Lele

Langkah pertama dalam beternak ikan lele adalah menyiapkan kolamnya, disini akan saya ambil contoh dikolam terpal.
– Langkah pertama dalam pembuatan kolam terpal, siapkan terpal sesuai ukuran yang anda rencanakan.
– Langkah kedua siapkan kayu, batu bata, papan, atau kerangka besi yang lain.
– Siapkan juga tali, paku serta kawat atau alat penunjang untuk bikin kerangka.
– Bila kerangka kayu pasti mesti memerlukan palu serta barangkali gergaji
Bila anda sudah lakukan pembuatan kolam serta kerangka maka step setelah itu yaitu memastikan type budidaya serta ternak lele yang di idamkan. Dengan cara garis besar ada 2 type ternak lele yang dikerjakan oleh petani lele.Ternak lele untuk pembibitan. Maksud ternak ini yaitu membudidayakan lele untuk di jual lagi ke peternak yang lain dalam wujud bibit lele. Untuk budidaya bibit lele memanglah cukup beruntung, lantaran saat yang diperlukan tak terlampau lama. Ukuran lele 2-3 cm bisa didapat kurun waktu 1 bln., serta ukuran tengah 5-7 cm bisa didapat kurun waktu lebih kurang 2 bln..

Ternak Lele untuk konsumsi. Lele yang dibudidaya untuk maksud di konsumsi, berarti budidaya dikerjakan hingga lele memiliki ukuran besar atau seimbang untuk ukuran konsumsi. Bila Anda mau berternak lele untuk maksud konsumsi,  sebaiknya menentukan type lele yang ukurannya telah cukup tengah 6 – 7 cm su paya gampang serta cepat dikembangbiakkan. Dengan bibit lele ukuran tanggung maka untuk siap konsumsi bisa dipercepat panen dalam 45 -50 hari.

Beternak ikan lele memanglah cukup menjanjikan tetapi budidaya lele yang baik mesti mencermati beragam aspek. Pengetahuan bakal tempat dan air serta pakan ikan lele bakal benar-benar menolong keberhasilan ternak lele. Lele terhitung ikan air tawar yang mempunyai ketahanan badan yang kuat hingga tingkat kesuksesannya tambah baik dibanding ternak ikan yang lain.
Cara perawatan ikan lele
Dalam beternak ikan lele, perawatan yang baik akan menunjang keberhasilan beternak lele, untuk pemberian pakan dapat kita lakukan 3 kali dalam sehari. Pagi jam 07:00, sore sekitar jam 4-5, dan malam sekitar jam 21:00.Pakan utama yang harus kita berikan berupa kosentrat pakan lele/pelet yang bisa kita beli toko paka terdekat. Kita juga bisa memberikan pakan tambahan berupa dedak padi, jagung, keong, bekicot atau pakan yang lain yang bisa kita dapatkan dialam liar untuk menghemat pakan yang kita beli. Kerena pakan lele mempunyai harga yang sangat mahal, maka dari itu kita harus berinovasi memberikan pakan tambahan.

Pengendalian air, maksutnya dalam beternak lele kita juga harus menguras air kolam lele tersebut> Karena kita menggunakan kolam terpal maka akan lebih budah dalam mengras airnya. Menguras air kolam dapat kita lakukan ketika bau air tersebut sudah tidak enk/busuk, maka sebaiknya kita ganti. Akan tetapi meskipun airnya tidak bau kita juga harus menggantinya kurang lebih setiap 2-3 minggu sekali.

Penyeleksian ikan lele juga harus kita lakukan, penyeleksian disini memisahkan ikan lele yang besar dengan  ikan lele yang kecil. Jadi jika saat menuras air lele, perhatikanlah bila ada lele yang ukuranya terlalu besar dibandingkan dengan lele yang lain maka sebaiknya kita ambil, karena lele juga hewan kanibal yang mau memangsa ikan lele yang lebih kecil. Begitupun sebaliknya, jika ada ikan lele yang ukuranya relatif kecil dibandingkan dengan yang lain maka sebbaiknya juga kita ambil dan taruh pada wadah/kolam yang lain.

itulah sedikit tips cara beternak ikan lele untuk pemula, mudah-mudahan sedikit informasi diatas bisa bermanfaat. terima kasih..

Sumber: https://carbomark.org/