Cara Mudah Memperkenalkan Diri

Cara Mudah Memperkenalkan Diri

Cara Mudah Memperkenalkan Diri

Cara Mudah Memperkenalkan Diri
Cara Mudah Memperkenalkan Diri

Memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa mungkin saja diperlukan dalam suatu kegiatan. Di sekolah yang menerapkan pembelajaran bahasa Jawa, materi memperkenalkan diri bisa menjadi materi pokok sebelum diajarkan materi bahasa Jawa yang lain. Hal ini dikarenakan memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa bisa memberi pengaruh yang besar terhadap daya tarik seorang siswa terhadap bahasa Jawa. Setidaknya, dengan memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa, siswa akan mengenali dirinya sendiri dengan bahasa Jawa yang ia ucapkan.

Di era globalisasi ini, pengaruh bahasa asing sangatlah kentara. Perlahan banyak bahasa daerah yang mulai ditinggalkan pemakainya. Orang Jawa sendiri banyak yang memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar daripada bahasa Jawa. Karena kemudahan dan kebiasaan dalam menggunakan bahasa Indonesia, lambat laun penggunaan bahasa Jawa pun semakin berkurang, apalagi bahasa krama yang dinilai mempunyai nilai kesantunan yang sangat tinggi.

Nah, agar bahasa Jawa tetap terjaga dengan baik. Marilah sedikit demi sedikit tetap mempelajari bahasa Jawa. Salah satunya dengan mempelajari cara memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa. Ketika saya mengajar bahasa Jawa di kelas, siswa kelas VI yang saya ajar cukup kesulitan ketika saya suruh maju memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa. Ketika saya ajarkan dengan contoh di bawah ini, ternyata mereka bisa memperkenalkan diri mereka dengan bahasa Jawa walaupun ada yang lancar dan agak tidak lancar.

Sumber ; https://balikpapanstore.id/burger-shop-2-mod/