Ciri kenari jantan dan betina

Ciri kenari jantan dan betina

Burung kenari adalah burung kecil dengan corak warnanya yang mempesona, sampai sampai banyak orang yang kagum untuk memeliharanya. Dulu burung kenari sangat sulit dicari dipasaran, namun sekarang sudah banyak yang bisa menernaknya sendiri. Jika sobat semua berminat ingin beternak burung kenari ada beberapa faktor-faktor yang harus dipahami. Entah itu faktor memilih burung kenari yang baik, faktor memaster kenari, dan faktor dalam menjodohkanya.

Berbicara masalah menjodohkan, ada juga beberapa faktor yang harus kita pahami agar proses penjodohan mudah berhasil. Khususnya untuk para pemula, pasti masih kebingungan dalam membedakan atara kenari jantan dan kenari betina. Memang faktor penentu yang satu ini bisa menjadi masalah bagi peternak pemuala. Apalagi disuruh membedakan kenari jantan dan betina ketika belum berusia dewasa. Dalam memilih burung Kenari yang gacor tentu tidak dilakukan secara asal, pemilihan biasanya berdasarkan pada jenis kelaminnya. Burung Kenari jantan memiliki kicauan yang lebih gacor dibandingkan burung Kenari betina. Oleh sebab itu agar tidak salah memilih burung Kenari.

Berikut adalah cara membedakan kenari jantan dan betina

1. Usia 3-4 hari, Pada usia 3 sampai 4 hari, burung Kenari memiliki ciri khusus yang dapat dilihat dari ada tidaknya pembuluh vena. Pembuluh vena ini terletak di sebelah perut dan menuju dubur, hal ini dapat dilihat dari burung Kenari jantan. Burung Kenari betina usia 3 sampai 4 hari tidak akan menunjukkan pembuluh vena. Selain itu juga dapat dilihat dengan cara mengambil kedua kenari tersebut lalu menaruhnya pada lantai, jika kenari jantan maka lompatanya lebih jauh dibanding dengan betina.2. Usia 7 hari, Ketika memasuki usia 7 hari, Kenari juga memberikan pertanda apakah ia jantan atau betina. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari posisi mata, jika sejajar dengan paruh maka itu adalah Kenari jantan. Namun sebaliknya untuk Kenari betina akan memiliki mata yang tampak lebih tinggi dari paruh.

3. Dilihat dari bentuk kepala,  Burung Kenari jantan memiliki kepala yang berbentuk ramping, sementara burung Kenari betina memiliki bentuk kepala yang lebih bulat.

4. Usia 2-3 minggu, Memasuki usia 2 sampai 3 minggu, burung Kenari akan mulai aktif melompat-lompat. Jika diperhatikan, burung Kenari jantan akan memiliki lompatan yang lebih jauh dibandingkan burung Kenari betina.

5. Postur tubuh Burung Kenari memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan juga lebih besar. Sedangkan burung Kenari betina memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar dan juga cenderung bulat.

6. Kaki Perbedaan Kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari kakinya. Burung Kenari jantan memiliki kaki yang panjang dengan jari-jari yang renggang. Sedangkan burung Kenari betina memiliki kaki yang lebih pendek dan juga jari yang lebih rapat dibandingkan burung Kenari jantan.

7. Tulang belakang Jika Anda perhatikan pada tulang belakang burung Kenari, Anda dapat melihat warnanya. Jika warnanya tampak gelap dan pekat maka itu adalah burung Kenari jantan. Sedangkan jika warnanya lebih terang atau tidak pekat maka itu merupakan burung Kenari betina.

8. Bentuk dubur Ciri lain dari burung Kenari jantan yaitu memiliki dubur yang lebih menonjol atau memiliki benjolan. Sementara untuk burung Kenari betina biasanya tidak memiliki benjolan atau lebih datar jika dibandingkan burung Kenari jantan.

Itulah ciri-ciri antara burung Kenari jantan dan juga burung Kenari betina yang umum dijadikan patokan oleh para peternak agar disaat proses menjodohkan kenari tidak kebingungan. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca artikel ini..

Sumber: https://haciati.co/