Daya Kecambah

Daya Kecambah

                   Berdasarkan hasil praktikum maka data yang dipeoleh untuk daya kecambah adalah pada hari ke-4, jumlah benih turi yang tumbuh dengan daya kecambah adalah sebanyak 104 kecambah. Pada pengujian daya kecambah selanjutnya, dilakukan pengamatan pada hari berikutnya yaitu pada hari ke-10 yang dihitung kembali ditemukan hasil sebanyak 164 kecambah yang masih bertahan. Kemudian diamati pada ari selanjutnya yaitu hari ke-10 jumlah kecambah dengan persentase yang masih tetap meningkat yaitu sebanyak 180 kecambah.  Hal ini menunjukkan bahwa biji yang di uji untuk yang diperkirakan baik untuk jadi kecambah, memiliki tingkat ketelitian dan ringkat perlakuan yang baik pula.

                   Untuk menentukan standar pengujian, beberapa kelompok benih yang mewakili sebaran ekologinya dikumpulkan (minimal 3 kelompok benih). Kelompok benih tersebut diuji perkecambahannya dengan beberapa metode perkecambahan terbaik berdasarkan beberapa literatur, yang meliputi media, perlakuan pendahuluan, dan kondisi lingkungan. Contoh uji perkecambahan dibuat dari contoh kerja. Contoh uji dari satu kelompok benih untuk setiap perlakuan berjumlah 4 ulangan masing-masing 100 butir atau 50 butir untuk benih-benih berukuran besar(ISTA, 2006).

                   Pengujian ini dilakukan didalam Laboratorium pabrik pakan fakultas peternakan dengan media nampan dan tissu yang diberi air secukupnya untuk menjaga kelembaban benih yang ingin diuji kecambahnya. Perlakuan yang dilakukan dengan metode pengamplasan, disilet, dengan air hangat dan air dingin. Simulasi tersebut akan menghasilkan trend metode perkecambahan optimal yang dapat diterapkan untuk menguji kelompok-kelompok benih jenis tersebut dari sebaran tumbuh yang berbeda-beda.

sumber :

https://www.ram.co.id/gb-whatsapp-apk/