Equilibrium Pada Kedua Pasar (Pasar Barang Dan Pasar Uang)

Equilibrium Pada Kedua Pasar (Pasar Barang Dan Pasar Uang)

Diagram IS-ML adalah kurva IS dan ML bersama sama dalam satu grafik. Titik dimana kedua kurva berpotongan adalah titik di mana ekuilibrium terjadi pada kedua pasar, pasar barang maupun pasar uang.

Merupakan titik pertemuan IS dan LM yang menggambarkan keseimbangan pasar barang dan pasar uang secara bersama-sama (simultan)

Peningkatan pembelian pemerintah (G)

Nilai ekuilibrium Y dan r dipengaruhi oleh perubaha G—kebijakan fiscal. Peningkatan G menyebabkan nilai ekuilibrium Y dan r yang lebih tinggi. Diilustrasikan dalam grafik :

Penurunan G menyebabkan nilai ekuilibrium Y dan r lebih rendah karena tingkat G yang lebih rendah menyebabkan kurva IS bergeser ke kiri.

Peningkatan penawaran uang (Ms)

Nilai ekuilibrium Y dan r terpengaruh oleh perubahan Ms—kebijakan Moneter. Peningkatan Ms menggeser kuva LM ke kanan, oleh sebab itu peningkatan Ms menyebabkan nilai ekuilibrium yang lebih tinggi dari Y dan nilai kesetimbangan r yang lebih rendah. Diilustrasikan dalam grafik :

Penurunan Ms menyebabkan nilai ekuilibrium Y yang lebih rendah dan nilai ekuilibrium r yang lebih tinggi karena penawaran uang yang menurun menyebabkan kurva LM bergeser ke kiri.

Diagram IS-LM adalah cara yang bermanfaat untuk melihat efek perubahan kebijakan fiscal dan moneter pada output (pendapatan) agregat dan tingkat bunga melalui pergeseran ke dua kurva.

Keseimbangan  umum  terjadi  apabila  pasar  barang  dan  pasar  uang  berada  dalam  keseimbangan  secara  bersama-sama.  Dari  keseimbangan  tersebut diperoleh  keseimbangan  pendapatan  nasional  dan  keseimbangan  tingkat bunga.  Seperti  penjelasan  yang  terdahulu,  keseimbangan  pasar barang  dicerminkan    oleh  Kurva  IS  dan  keseimbangan  pasar  uang dicerminkan oleh Kurva LM Keseimbangan Umum IS-LM Kurva IS adalah kurva yang mewakili peristiwa yang terjadi di sektor riil atau pasar  barang. Slope  (kemiringan)  dari  kurva  ini  adalah  negatif. Sementara itu  kurva  LM  adalah  kurva  yang  mewakili  peristiwa  yang  terjadi  di  sector keuangan atau pasar uang. Slope kurva LM adalah positip. Kedua kurva akan berpotongan pada satu titik.

bca juga: