Generasi  Kedua (1959-1965)

Generasi  Kedua (1959-1965)

“Kelahiran komputer generasi kedua, diawali dengan penemuan semi konduktor”.[12]
 Semi kondukter adalah suatu bahan yang bersifat sebagai setengah penghantar arus listrik. Sebagai penghantar kemampuannya tidak sebaik tembaga. Bahan semi konduktor ini ternyata dapat dipakai untuk membuat suatu alat yang bernama Transistor. Alat ini mempunyai cara kerja yang mirip dengan Tabung hampa, sehingga dapat dipakai untuk menggantikan fungsi tabung hampa. Dengan demikian maka komponen-komponen komputer yang mulanya dibuat dengan menggunakan tabung hampa sekarang dapat digantikan dengan Transistor.
Transistor ditemukan di Bell Laboratories pada tahun 1947 oleh John Bardeen, William Shockley dan Walter Bratain. Shockley membuat perusahaan yang diberi nama Schockly semicoductor  pada tahun 1955. Perusahaan ini berlokasi di Palo Alto California. Kemudian beberapa pegawai perusahaan Shockley membuat perusahaan baru yang bernama Fairchild Semiconductor, dan selanjutnya beberapa pegawai Fairchild membuat perusahaan baru yang menjadi sangat terkenal sampai sekarang ialah Intel Corporation. Salah satu dampak nyata penggunaan transistor adalah ukuran komputer yang berkurang. Hal itu karena vacuum tubes yang diganti dengan berbagai transistor di dalam komputer tersebut.
Pada awal tahun 1960-an,mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di Universitas, dan di pemerintahan, Contoh dari komputer yang hadir pada generasi kedua ini adalah IBM 7094 series, IBM 1400 series, dan CDC 164, UNIVAC 1107, Honeywell 1604 dan lain-lain. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Pada masa ini perangkat lunak juga mulai berkembang. Para ahli perangkat lunak mulai mengembaikan  bahasa komputer Aras tinggi yang dapat dipakai oleh orang awam untuk menyusun program komputer. Bahasa Aras Tinggi yang pertama dikembangkan adalah bahasa FORTRAN (Formula Translation). Hail ini semakin memacu perkembangan komputer.[13]
Komputer yang hadir pada generasi kedua ini juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan Komputer pada saat ini : printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi,  dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Adapun Ciri-ciri komputer generasi kedua, yakni :
1.      Komponen yang dipergunakan adalah transistor untuk sirkuitnya
2.      Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi
3.      Kapasitas memori utama sudah cukup esar dengan pengembangan dai magnetic core storage, dapat menyimpan puluhan ribu karakter
4.      Menggunakan simpanan luar megnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack
5.      Pengolahan data sedikit lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
6.      Kebutuhan panasnya tidak terlalu tinggi.
7.      Ukuran fisiknya lebih kecil dari ukuran komputer generasi pertama.
8.      Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per-detik
9.      Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknik
10.  Mempunyai kemampuan Proses real time dan time sharing[14]
baca jgua :