Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual

Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual

Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual

2.1.1  Harga Pokok Produksi

Menurut Raiborn dan Michael (2011, h. 56) harga pokok produksi (cost of goods manufactured) atau (CGM) adalah total produksi biaya barang-barang yang telah selesai dikerjakan dan ditransfer ke dalam persediaan barang jadi selama sebuah periode.

Horngren (2008, h. 45) harga pokok produksi adalah biaya yang dibeli untuk diproses sampai selesai, baik sebelum maupun selama periode berjalan.

Hansen dan Mowen (2006, h.48) adalah “Harga pokok produksi adalah mewakili jumlah biaya barang yang diselesaikan pada periode tertentu”.

Dapat disimpulkan bahwa biaya produksi adalah biaya yang berhubungan dengan produksi dan harus dikeluarkan untuk mengolah dan membuat bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual.Menurut objek pengeluarannya, secara garis besar unsur-unsur biaya produksi terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik.

Menurut Hansen dan Mowen (2006, h.50 h.51) Unsur-unsur biaya produksi adalah :

  1. Biaya Bahan Baku Langsung Bahan baku langsung adalah bahan yang dapat ditelusuri ke barang atau jasa yang sedang diproduksi.
  2. Biaya Tenaga Kerja Langsung Tenaga kerja langsung adalah tenaga kerja yang dapat ditelusuri pada barang atau jasa yang sedang diproduksi
  3. Biaya Overhead Pabrik Semua biaya produksi selain dari bahan langsung dan tenaga kerja  langsung dikelompokkan ke dalam satu kategori yang disebut ongkos overhead.

Sumber :

https://mhs.blog.ui.ac.id/abd.jalil/jasa-penulis-artikel/