Headphone On Ear vs Over Ear Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangan

Headphone On Ear vs Over Ear: Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangan

Headphone On Ear vs Over Ear: Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangan

 

Headphone On Ear vs Over Ear Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangan
Headphone On Ear vs Over Ear Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangan

Ada dua jenis headphone yang beredar di pasar saat ini, yakni on ear dan over ear. Kedua jenis headphone ini masing-masing menawarkan kelebihan dan kekurangan. Pengguna dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan seleranya.

Sebelum memilih antara headphone on ear dan over ear, alangkah baiknya kita mengetahui keunggulan dan kelemahan masing-masing agar tidak salah memilih. Berikut ini adalah perbedaan, kelebihan, dan kekurangan headphone on ear dan over ear di berbagai sektor seperti yang dilansir dari Audiogurus dan Rtings.

1. Desain

Sesuai namanya, headphone over ear mengusung desain housing earcup yang besar dan menutupi daun telinga saat

digunakan. Sedangkan headphone on ear menggunakan housing earcup yang lebih kecil dan tidak menutupi seluruh telinga saat digunakan.

2. Kenyamanan

Headphone jenis over ear menawarkan keunggulan di sektor kenyamanan. Ukuran earcub yang besar dan menutup telinga membuatnya sangat nyaman digunakan dalam waktu lama.

Sedangkan headphone on ear sebenarnya juga menawarkan kenyamanan untuk penggunaan dalam waktu lama. Namun, jika dibandingkan dengan jenis over ear, headphone jenis on ear ini masih kalah nyaman karena desainnya yang agak menekan daun telinga.

3. Portabilitas

Headphone jenis over hear biasanya mengusung ukuran besar yang membuatnya kurang nyaman untuk traveling. Sedangkan headphonhe jenis on ear lebih ringkas dan menawarkan portabilitas lebih baik. Beberapa merek headphone on ear dapat dilipat guna meningkatkan sisi portabilitas.

4. Reduksi Noise

Keunggulan utama dari headphone over ear adalah kemampuannya dalam mereduksi noise dan suara luar. Hal ini

tak lepas dari desain earcup berukuran besar dan menutup telinga, sehingga efektif memblokir suara dari luar.

Sedangkan headphone on ear juga memiliki kemampuan untuk memblokir suara dari luar. Namun, kemampuannya tak sebagik jenis over ear karena earcup berukuran lebih kecil dan tidak menutup sepenuhnya daun telinga.

5. Kualitas Suara

Kualitas suara ini sebenarnya tergantung dari teknologi dan inovasi dari masing-masing produsen headphone. Namun, headphone model over ear rata-rata mampu memproduksi bass yang lebih baik dan kuat ketimbang model on ear.

Kesimpulan

Secara umum, headphone over ear menawarkan kenyamanan, reduksi noise, dan kualitas suara yang lebih baik dari

on ear. Namun, soal portabilitas, headphone on ear lebih unggul. Bagi yang membutuhkan headphone untuk mendengarkan musik di rumah atau studio, mungkin model over ear lebih tepat.

Sedangkan bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan sering mendengarkan musik selama perjalanan, dapat memilih headphone model on ear.

Sumber:

https://movistarnext.com/breaking-news-apk/