Kadisdik : Materi Sanlat Harus Sesuai Perkembangan Anak

Kadisdik Materi Sanlat Harus Sesuai Perkembangan Anak

Kadisdik : Materi Sanlat Harus Sesuai Perkembangan Anak

Kadisdik Materi Sanlat Harus Sesuai Perkembangan Anak
Kadisdik Materi Sanlat Harus Sesuai Perkembangan Anak

Jelang pelaksanaan pesantren kilat (sanlat) di sekolah, Kepala Dinas Pendidikan

(Disdik) Kota Bogor, Fachrudin, mengimbau materi sanlat yang akan diberikan harus disesuaikan perkembangan siswa. “Jika tidak sesuai, maka khawatir materi yang disajikan justru tidak bermanfaat. Karena nggak nyambung dengan perkembangan usia anak,” tuturnya.

Selain itu, kadisdik juga berpesan agar sanlat disesuaikan kondisi Kegiatan Belajar Mengajar

(KBM) di sekolah masing masing. Yakni sesuai kalender pendidikan yang telah ditetapkan. Bagi SD, pelaksanaan sanlat itu bisa digelar sebelum ulangan kenaikan kelas. ”Jelang Ujian Kenaikan Kelas (UKK) maupun setelah UKK, para siswa khususnya yang beragama Islam wajib mengikuti sanlat di sekolah masingmasing. Salah satu materi yang harus dibudayakan kepada siswa adalah kegiatan sosial berupa infak dan sedekah atau santunan yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa seluruh siswa mulai aktif belajar seperti biasa pada Kamis

(9/5). “Sambil menunggu waktu ulangan, maka kegiatan belajar mengajar kita tambah dengan materi sanlat,” katanya. Selama Ramadan, kegiatan para siswa di luar KBM lebih diarahkan pada kegiatan keagamaan dengan harapan kegiatan positif ini akan menjadi kegiatan rutin bagi siswa hingga dewasa

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/SXDMGWF