kesimpulannya

KESIMPULAN

Setelah kita cermati dari pembahasan diatas dapat kita ambik kesimpulan bahwasanya system pemerintahan di Indonesia yang sebelumnya menggunakan system presidensiil setelah dikeluarkannya maklumat wakil presiden No. X tanggal 16 Oktober 1945 berubah menjadi parlementer. Sedangkan bentuk negaranya adalah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik.

Selain itu konstitusi yang digunakan adalah UUD 1945. Dengan Lembaga-Lembaga Negara yang ada, diantaranya MPR, DPR, Presiden dan wakil presiden. DPA dan Menteri Negara yang bertugas membantu presiden. Peristiwa yang terjadi pada masa itu adalah berlangsungnya agresi militer I dan II.

SARAN

Dalam penytusunan makalah ini penulis menyadari masih banyaknya terdapat kesalahan, dikarenakan keterbatasan ilmu dan pengalaman yang penulis miliki, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan sarannya yang membangun agar dalam penyusunan makalah selanjutnya bisa lebih baik.

Disamping itu setelah kita mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi pada masa 17 Agustus 1945 – 27 Desember 1949 sebagai generasi muda hendaknya kita bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan dan perjuangan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia ini hingga akhirnya bisa menunjukkan pada dunia bahwa kita Indonesia merdeka bukan hanya memproklamirkan tetapi juga pembuktian.

baca juga :