KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN PERALATAN

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN PERALATAN

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN PERALATAN

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN PERALATAN

  KANTOR

Keuntungan penggunaan mesin kantor atau perlengkapan kantor antara lain;

  1. Dapat menghemat biaya, bila dipergunakan secara maksimal dan sesuai kebutuhan.
  2. Menghemat tenaga dan waktu.
  3. Pengendalian atas ketelitian dan ketetapan lebih mudah dilaksanakan. Memudahkan pengawasan.
  4. Dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan rapi.
  5. Keterangan yang dimuat dapat lebih banyak.
  6. Dapat mengurangi rasa bosan dibandingkan dengan penggunaan tulisan tangan.
  7. Dapat mengurangi kelelahan pegawai sehingga dapat menambah mutu pekerjaan.

Kerugiannya yaitu:

  1. Tingkat penyusutan dari beberapa jenis mesin tertentu adalah tinggi.
  2. Mesin-mesin tertentu memerlukan biaya yang tinggi untuk pengadaan dan pemeliharaannya.
  3. Selit mendapatkan operator mesin yang cakap dan perlu adanya biaya untuk melatih mereka.
  4. Kadang-kadang fleksibilitas dari beberapa metode mesin sulit didapatkan dan diterapkan.
  5. Sulit dalam pemeliharaan dan perbaikan pada mesin-mesin tertentu bila terjadi kerusakan.

2.5 INVENTARISASI KANTOR

2.5.1 Pengertian Inventarisasi Kantor

  1. Menurut The Liang Gie inventaris ialah sebuah daftar yang memuat nama – nama barang milik instasi.
  2. Menurut W.J.S Poerwasarminta, inventarisasi adalah pembukuan atau penyusunan daftar barang-barang yang ada di kantor atau perusahaan.

2.5.2 Tujuan Inventarisasi

  1. Untuk mengetahui kekayaan suatu instasi, kantor, dan perusahaan
  2. Untuk menjaga penghematan
  3. Untuk menjaga atau pengaturan pemakaian barang pada masing-masing unit
  4. Untuk mengetahui barang-barang apa yang harus ditambah dan diganti
  5. Untuk kelancaran proses perbekalan atau perlengkapan kantor, perusahaan, atau instansi.

 

BAB III

PENUTUP

3.1       Simpulan

Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpilkan bahwa perlengkapan sangat mendukung dalam berjalannya suatu organisasi atau perusahan, karena bisa membantu meringankan beban pekerjaan pegawai dan mempermudah dalam mengerjakan suatu urusan kantor. Sedangkan inventarisasi perlengkapan kantor sangat diperlukan supaya perlengkapan kantor perlu ditambah atau tidak, perlu diprbaiki atau tidak, dan perlu diganti atu tidak. Dengan adanya keterkaitan dan pengetahuan antara perlengkapan kantor dan inventarisasi perlengkapan kantor akan memudahkan pekerjaan kantor berjalan dengan efektif dan efesie

baca juga :