Korpri Kota Bogor Bangun Masjid Tahan Gempa di Lombok

Korpri Kota Bogor Bangun Masjid Tahan Gempa di Lombok

Korpri Kota Bogor Bangun Masjid Tahan Gempa di Lombok

 

Korpri Kota Bogor Bangun Masjid Tahan Gempa di Lombok

Korps Pegawai Republik Indonesia

Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Bogor menunjukan kepeduliannya terhadap peristiwa bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air. Kepedulian tersebut ditunjukan dengan melakukan penggalangan dana untuk korban bencana di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Palu, Sulawesi Tengah.

Sekretaris Daerah

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, rencananya bantuan tersebut akan disalurkan pada Desember 2018 mendatang yang dikerjasamakan dengan pihak Sekolah Alam Bogor.

“Jumlah penggalangan dana yang sudah terkumpul oleh Korpri hingga saat ini sebesar Rp 252 juta. Dari jumlah tersebut rencananya akan disalurkan sebagian untuk pembangunan Masjid di Sembalun, Lombok, NTB. Selebihnya akan disalurkan untuk saudara-saudara kita di Palu dan Donggala,” ungkap Ade Sarip saat beraudiensi dengan Sekolah Alam Bogor, di Ruang Paseban Surawisesa, Komplek Balaikota Bogor, Jumat (9/11/2018).

Ade menjelaskan, masjid tersebut akan didesain tahan gempa, baik dari sisi konstruksi maupun material yang digunakan. “Desain pembangunan Masjid yang digagas Sekolah Alam Bogor itu banyak menggunakan bahan dasar bambu. Tujuannya, agar bangunan tersebut tahan gempa,” terang dia.

Sekda menargetkan

Pembangunan masjid tersebut akan rampung dalam satu bulan ke depan. “Jadi Insya Allah awal Desember kita bisa kesana lihat peresmiannya langsung. Saya harap Masjid itu nantinya biasa digunakan untuk berdiskusi antar umat guna membangun sikap dan perilaku para generasi muda selain untuk kepentingan beribadah,” tandasnya.

Dilokasi yang sama

Perwakilan Sekolah Alam dari Divisi Sosial, Salam Ait menambahkan, pihaknya telah mengirimkan relawan-relawan dari Sekolah Alam Bogor. Namun pihaknya masih membutuhkan banyak sekali bantuan untuk kegiatan di Lombok yang dikerjasamakan dengan JSAN (Jaringan Sekolah Alam Nusantara) dalam menjalankan kegiatan tersebut.

“Kami dengan rekan-rekan dari JSAN merangkai sebuah program hingga 2 tahun kedepan. Lembaga-lembaga yang bekerjasama dengan kami secara institusi sampai saat ini baru JSAN. Untuk di Kota Bogor baru dengan Korpri, tetapi kami pun membuka kesempatan bagi masyarakat luas yang ingin menitipkan donasinya melalui kami,” tambahnya.

Dia melanjutkan

Karena salah satu isu yang kami bawa dalam program membangun Lombok ini adalah bidang pendidikan sehingga kami mengajak Korpri sebagai institusi yang cocok untuk bekerjasama membangun ruang multifungsi.

“Para relawan kami fasilitasi dalam kegiatan ini dan kami berikan bimbingan apa-apa saja yang harus dilakukan dalam kegiatan ini. Relawan pun kami kirimkan dalam jangka waktu cukup panjang yaitu per-6 bulan,” pungkasnya.

Selain Sekda, dalam audiensi tersebut juga turut dihadiri Humas dan Protokol Endang Suherman, Kepala Bagian Kerjasama Tyas Ajeng Fitriani, beserta jajaran staf di lingkungan Setda Kota Bogor.

Artikel Terkait: