Landasan Pendidikan Pancasila

Landasan Pendidikan Pancasila

Landasan Pendidikan Pancasila

Landasan Pendidikan Pancasila

1. Landasan Historis

Beratus-ratus tahun bangsa Indonesia dalam perjalanan hidupnya berjuang untuk menemukan jati dirinya sebagai satu bangsa yang merdeka. Setelah melalui proses yang cukup panjang dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia menemukan jatidrinya , yang didalamnya tersimpul cirri khas ,sifat dan karakter bangsa yang berbeda dengan bangsa lain,yang dirumuskan ke rumusan sederhana namun mendalam yg terdiri 5 prinsip yaitu Pancasila.

2. Landasan cultural

Bangsa Indonesia mendasarkan pandangan hidupnya dalam bermasayarakat ,berbangsa dan bernegara pada suatu asas cultural yang dimiliki dan melekat pada bangsa itu sendiri. Nilai –nilai kenegaraan dan kemasyarakatan yang terkandung dalam sila-sila pancasila bukanlah hanya merupakan suatu hasil kenseptual seseorang saja melainkan merupakan suatu hasil karya besar bangsa Indonesia sendiri,yang diangkat dari nilai-nilai cultural yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri,melalui proses refleksi filosofis para pendiri Negara seperti Soekarno,M Yamin, Soeparno serta para tokoh pendiri Negara lainnya.

3. Landasan yuridis

Landasan yudridis perkuliahan Pendidikan Pancasila di pendidikan tinggi tertuang dalam Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional . Pasal 1 ayat 2 disebutkan bahwa system pendidikan nasional berdasarkan pancasila. Hal ini mengandung makna bahwa secara resmi material pancasila merupakan sumber hokum pendidikan nasional.

4. Landasan filosofis

Pancasila adalah sebagai dasar filsafat Negara dan pandangan filosofis bangsa Indonesia. Secara filosofis , bangsa Indonesia sebelum mendirikan Negara adalah sebagai bangsa yang berketuhanan . hal ini berdasarkan kenyataan objektif bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

 

Sumber : https://materi.co.id/