Langkah-Langkah Menulis Artikel

Langkah-Langkah Menulis Artikel

Langkah-Langkah Menulis Artikel

Langkah-Langkah Menulis Artikel

1. Kuasai Topik Artikel yang akan ditulis

Untuk menulis sebuah artikel, terlebih dahulu kuasai topiknya. Misalnya : Jika ada seorang teknik mesin, tentu sangatlah menguasai tentang mesin. Untuk membahas tentang mesin mobil terbaru misalnya, tidaklah sulit untuk menuliskannya dan ide akan terus mengalir.
2. Buat Judul Yang Menarik Perhatian Orang Untuk Membacanya
Sebuah tulisan rata-rata yang dibaca pertama kali adalah Judul. Jika Judulnya menarik perhatian, hampir dapat dipastikan orang pasti akan membaca keseluruhan isinya.
3. Buat Garis Besar Tulisan
Untuk membuat agar artikel tetap sesuai dengan judul, buatlah point–point garis besarnya, sehingga artikel tidak sampai melenceng terlalu jauh.
4. Buat Tulisan yang  Langsung pada Point
Banyak orang tidak punya banyak waktu untuk membaca di internet. Oleh karena itu, buatlah tulisan yang langsung mengena sesuai dengan judul yang dibahas dan jangan terlalu bertele-tele.
6
5. Hindari “me oriented”, dan ganti dengan “you oriented”
Target dari artikel adalah untuk pengunjung. Cara ini akan membuat akan pembaca artikel merasa bahwa merekalah yang sedang diajak bicara. Merekalah yang menjadi perhatian tulisan. Pada prinsipnya adalah pikirkan bahwa mereka pasti dapat keuntungan dari tulisan itu.
6. Buat sebuah kesimpulan di akhir artikel
Konklusi atau kesimpulan adalah sebagai penutup dari semua pembahasan. Mungkin sebagian pembaca tidak mengerti arah dari pembahasan artikelnya. Oleh karena itu perlu disimpulkan di akhir maksud dari seluruh pembahasan tersebut.
7. Cantumkan sumber tulisan
Jika menuliskan sebuah artikel dengan mencuplik beberapa kalimat dari sumber lain, maka cantumkan alamat sumber tersebut di bagian bawah tulisan. Hal ini untuk menghindari tuduhan sebagai “pencuri” ide/pikiran orang lain. Tidak enak bukan jika seandainya pemilik artikel itu berkomentar dan menanyakan dari mana sumber tulisan tersebut. Nah, Jadilah seorang penulis yang profesional dan jujur. Pembaca tentu akan lebih sangat menghargai tulisan tersebut.
sumber :