LATAR BELAKANG DARI PERISTIWA DWIKORA

LATAR BELAKANG DARI PERISTIWA DWIKORA

LATAR BELAKANG DARI PERISTIWA DWIKORA

LATAR BELAKANG DARI PERISTIWA DWIKORA

Berawal di tahun 1961

yang mana Kalimantan terbagi menjadi empat wilayah administrasi. Dalam hal ini wilayah administrasi ini, merupakan salah satu atau sebuah provinsi Indonesia yang mana terletak di bagian selatan di pulau Kalimantan. Pada bagian utara sendiri, diantara wilayah lainnya merupakan salah satu wilayah dari kerajaan Brunei dan juga dua koloni Inggris yang mana Borneo dan juga Sarawak.

Kejadian ini juga yang akhirnya dinamakan dengan Sabah. Dalam hal ini, Inggris sendiri juga mencoba untuk menggabungkan koloninya yang juga berada di Kalimantan dan juga Semenanjung Malaya dan juga federasi Malaya. Hal ini dilakukan dengan membentuk federasi Malaysia yang juga dikarenakan, sebagai bagian dari penarikan dari koloninya yang juga berada di wilayah Asia Tenggara.

Namun dalam hal ini, rencana yang sudah di miliki mendapat berbagai pertentangan dari pemerintah Indonesia. Untuk menanggapi hal ini, maka presiden Soekarno yang memang menganggap bahwa Malaysia juga merupakan sebuah boneka Inggris dan juga konsolidasi Malaysia akan ikut untuk menambah kontrol. Kontrol ini sengaja diambil alih dari Malaysia, yang berada di wilayah tersebut.

Dengan adanya hal ini, tentunya di khawatirkan akan mengancam dari kemerdekaan Indonesia, yang merupakan berbagai pendapat dari banyak pihak walaupun hal ini juga tidak sesuai dengan perjanjian Manila sendiri.


Sumber: https://www.nub4life.net/flywings-apk/