Manfaat dan Keutamaan Mengerjakan Shalat Rawatib

Manfaat dan Keutamaan Mengerjakan Shalat Rawatib

Manfaat dan Keutamaan Mengerjakan Shalat Rawatib

Manfaat dan Keutamaan Mengerjakan Shalat Rawatib

Seringkali kita mengerjakan sholat Rawatib, akan tetapi kita malah belum tahu apa manfaatnya. Nah pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan menyampaikan sebuah ulasan mengenai apa saja manfaat dari sholat sunnah rawatib. Mari kita simak ulasan yang elah kami tulis di bawah ini.

Untuk memudahkan dalam memahaminya maka kita dapat mengilustrasikan bahwa shalat sunnah Qobliyah itu bagaikan pemanasan dalam bermain sepak bola. jika tidak pemanasan terlebih dahulu maka pergerakan kita dalam permainan utama akan terasa berat, dan akibatnya dapat menyebabkan kram pada otot.

Manfaat dan Keutamaan Mengerjakan Shalat Rawatib

Nah, perumpanan diatas dapat kita pahami dalam memaknai manfaat dari shalat qobliyah, yang salah satu manfaatnya adalah mempersiapkan hati kita ketika nanti shalat fardu agar lebih khusyu lagi dalam shalat. Lalu bagaimana dengan manfaat shlat ba’diyah nya ?

Untuk manfaat dari shalat rawatib ba’diyah yaitu menyempurnakan shalat fardhu. Yaitu jika shalat fardhu yang telah dikerjakan terdapat kekurangan. Dengan demikian, berkat menjalani shalat qobliyah dan ba’diyah ini diharapkan shalat kita menjadi lebih maksimal.

Baca Juga: Sholat Rawatib

Keutamaan Shalat Rawatib

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّى لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلاَّ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ أَوْ إِلاَّ بُنِىَ لَهُ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ. قَالَتْ أُمُّ حَبِيبَةَ فَمَا بَرِحْتُ أُصَلِّيهِنَّ بَعْدُ

“Tidaklah seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah 12 (dua belas) raka’at karena Allah pada setiap harinya, melainkan Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.”. (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata; “Setelah aku mendengar hadits ini aku tidak pernah lagi meninggalkan shalat-shalat sunnah (rowatib) tersebut.” (HR. Muslim no. 728).
Itulah beberapa manfaat dan keutamaan dari mengerjakan sholat sunnah rawatib. Semoga kita dapat mengambil manfaat dari artikel yang kami sampaikan tadi. Yang kami harapkan adalah semoga kita menjadi sadar dan tergerak dengan keinginan dan motivasinya sendiri untuk menjalankan shalat sunnah rawatib. Karena memang sholat rawatib ini banyak keutamaanya bagi yang mengerjakannya.