METODOLOGI PENELITIAN

METODOLOGI PENELITIAN

METODOLOGI PENELITIAN

 METODOLOGI PENELITIAN
METODOLOGI PENELITIAN

Data Penelitian

 

1. Sumber Data

 

Data yang diteliti diperoleh dari Laporan Tahunan Bank Indonesia (LTBI), laporan triwulanan Perkembangan Ekonomi Keuangan dan Kerjasama Internasional (PEKKI) Bank Indonesia, dan Laporan Keuangan Publikasi Triwulanan Neraca PT. BANK MANDIRI (PERSERO), TBK.

 

2. Jenis Data

 

a.  Aktiva Bank Mandiri

 

 

Pos-pos pada aktiva Bank Mandiri merupakan variabel terikat dan dikelompokan berdasarkan skala prioritas penggunaan dana, yaitu:

 

  1. Cadangan primer, terdiri dari kas, penempatan pada Bank Indonesia, giro pada bank lain, dan penempatan pada bank lain.

 

  1. Cadangan sekunder, terdiri dari surat berharga yang dimiliki, dan obligasi pemerintah.
  2. Kredit untuk nasabah, terdiri dari kredit yang diberikan,

 

  1. Investasi untuk pendapatan, terdiri dari penyertaan.

 

Dalam hal penelitian ini, penulis hanya fokus kepada cadangan primer dan kredit untuk nasabah.

 

  1. Kurs rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY

 

Kurs rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY merupakan variabel bebas. USD dan GDP merupakan nilai tukar 1 mata uang Amerika Serikat dan Inggris terhadap rupiah, sedangkan JPY merupakan nilai tukar 100 mata uang Jepang terhadap rupiah.

 

  1. Suku bunga dan inflasi di Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang.

 

Suku bunga yang dikeluarkan oleh bank sentral masing-masing negara akan dikurangi dengan inflasi pada masing-masing negara sehingga diperoleh suku bunga riil. Suku bunga riil di Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang merupakan variabel bebas.

 

3. Tipe Data

 

Data yang diteliti merupakan data sekunder yang dikumpulkan berupa data runtun waktu (time series). Data-data tersebut diterbitkan secara berkala oleh Bank Indonesia dalam bentuk buletin dan laporan triwulan atau tahunan, dengan demikian keabsahan data tersebut merupakan tanggung jawab lembaga tersebut.

Sumber : https://newsinfilm.com/seva-mobil-bekas/