Negara Kawasan Asia Tenggara Mencapai Kemerdekaan

Negara Kawasan Asia Tenggara Mencapai Kemerdekaan

Negara Kawasan Asia Tenggara Mencapai Kemerdekaan

Negara Kawasan Asia Tenggara Mencapai Kemerdekaan

Desember 1941 dan April 1942 merupan rentetan kemenangan angkatan perang Jepang, Nampo. Pemerintahan sementara Jepang tidak berumur panjang dan menyerahnya Jepang pada Agustus 1945. Hal ini berdampak pada kemerdekaaan di Asia Tenggara.

  1. Philipina

Philiphina menjadi koloni spanyol selama abad ke-16, kemudian diserahkan kepada AS pada 1898 akibat perang Spanyol-Amerika. Kemerdekaaan Philiphina diperoleh dari Amerika Serikat pada tanggal 4 juli 1946 dan presiden pertama bernama Manuel Roxas. Tetapi, bangsa Philiphina hanya diberikan kemerdekaan dalam bidang politik sedangkan bidang ekonomi masih dikuasai Amerika. Tokoh-tokoh pergerakan nasional Philiphina : Manuel Quezson, Manuel Roxas, dan Romula.

  1. Myanmar

 AFPFL (organisasi Liga Rakyat Merdeka Anti-Fasis) ini diabawah pimpinan Thakin Aung San (U Aung San). AFPFL dibawah Aung San memberontak terahadap Jepang dan menghantamnya, hingga mempermudah Inggris untuk mengalahkan Jepang. Kemudian AFPFL menuntut kemerdekaan penuh dari Inggris dengan kekuatan senjata. AFPFL juga sangat berpengaruh besar ditengah rakyat, dan akhirnya ingris sepakat untuk menyerahkan kemerdekaan kepada Myanmar.

  1. Indonesia

Pada tanggal 17 Agustus 1945 kemerdekaan Indonesia di proklamasikan. Pada saat proklamasi itu sangt tepat karena sekutu belum datang dan jepang sudah menyerah, sehingga pemindahan kekuasaaan dapat diselenggarakan dengan seksama. Denngan demikian terbentuklah negara nasionalis di Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada hari jumat, tanggal 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 pada tahun jepang, yang dibacakan oleh Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Mohamad Hatta tunduk kepada pemerintah sekutu. Berdasarkan garis kebijakan itu, Nishimura melarag Soekarno-Hattta mengadakan rapat PPKI dalam rangka pelaksanaa Proklamasi Kemerdekaan.

sumber :
https://mitranet.co.id/seva-mobil-bekas/