Pendidikan

Table of Contents

  Pendidikan

Sekolah merupakan salah satu organisasi pendidikan yang mewadahi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Keberhasilan sekolah dalam membina peserta didik tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang di sediakan dalam kegiatan proses belajar mengajar,  salah satu komponen sarana penunjang proses belajar mengajar yang berdampak langsung terhadap efektifitas proses belajar mengajar yaitu ruang kelas.

Ruang kelas merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan perlu direncanakan secara matang serta diberi perhatian lebih,karena menjadi faktor penentu terselenggaranya proses belajar mengajar di sekolah.

Pada dasarnya semua sekolah bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi siswa salah satunya dengan menitik beratkan terhadap Vasibiliti (Keleluasaan pandangan) sehingga di dalam ruangan siswa dapat berinteraksi secara aktif ketika berlangsungnya proses belajar mengajar.

Kesilauan yang dialami mahasiswa di ruang gedung M ini juga dipengaruhi oleh posisi duduk mahasiswa, mahasiswa yang duduk di posisi depan kanan akan silau melihat tulisan di papan tulis bagian sebelah kiri, begitu pula sebaliknya. Tentunya kesilauan ini akan mengganggu dalam proses pembelajaran.

Peserta didik tidak dapat melihat dengan jelas tulisan di papan tulis. Silau yang terjadi berpengaruh terhadap mata, yaitu ketidak-mampuan mata merespon cahaya dengan baik (disability glare), atau menyebabkan perasaan tidak nyaman (discomfort glare) karena manik mata harus memicing disebabkan oleh kontras yang berlebihan.

Kesilauan ini juga menyebabkan peserta didik menjadi kurang memperhatikan dalam mengikuti pembelajaran karena tidak dapat melihat dengan jelas apa yang dituliskan guru/dosen di papan tulis. Saat mata melihat papan tulis yang silau, mata akan lelah dan bisa mengganggu konsentrasi belajar peserta didik untuk memahami pelajaran, serta peserta didik bisa saja merasa pusing / sakit kepala. Jadi, kesilauan pada papan tulis sangat berpengaruh pada bidang pendidikan (proses belajar mengajar).

  1. Pengukuran

Pengukuran yang bisa dilakukan adalah mengukur intensitas cahaya matahari di dalam ruangan gedung M. Alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya adalah Luxmeter. Standar pencahayaan Minimum pada Lembaga Pendidikan Berdasarkan SNI No. 03-6575-2001 untuk ruang kelas adalah 250 Lux.

 

Sumber :

https://desaingrafis.co.id/seva-mobil-bekas/