Pendukung Keputusan

Pendukung Keputusan

Pendukung Keputusan

Pendukung Keputusan
Pendukung Keputusan

Sistem pendukung keputusan (Inggris: decision supportsystemsdisingkat DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasis computer(termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. DSS dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan darimasalah semi-terstruktur yang spesifik.

Konsep Sistem Pendukung Keputusan (SPK) / Decision Support Sistem (DSS) pertama kali diungkapkan pada awal tahun 1970-an oleh Michael S. Scott Morton dengan istilah Management Decision Sistem. Sistem tersebut adalah suatu sistem yang berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur .

Istilah SPK mengacu pada suatu sistem yang memanfaatkan dukungan komputer dalam proses pengambilan keputusan. Untuk memberikan pengertian yang lebih mendalam, akan diuraikan beberapa difinisi mengenai SPK yang dikembangkan oleh beberapa ahli, diantaranya oleh Man dan Watson yang memberikan definisi sebagai berikut, SPK merupakan suatu sistem yang interaktif, yang membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur.

Tahapan dalam pengambilan keputusan :

  1. Tahap Pemahaman (Intelligence Phase) Sebuah Proses pemahaman terhadap masalah dengen mengidentifikasi dan mempelajari masalah terhadap lingkungan yang memerlukan data => mengolah data =>  mengujinya => menjadikan petunjuk dalam menemukan pokok masalah => mencari solusi => bergerak dari tingkat system ke subsistem.
  2. Tahap Perancangan (Design Phase) Sebuah proses pengembangan, analisis dan pencarian alternative tindakan atau solusi yang mungkin untuk diambil/dilakukan => Identifikasi dan mengevaluasi alternative.
  3. Tahap Pemilihan (Choice phase) Sebuah proses pemilihan salah satu alternative solusi yang dimunculkan pada tahap perancangan untuk menentukan arah tindakan dengan memperhatikan kriteria-kriteria berdasar tujuan yang dapat dicapai pada tahap berikutnya => memilih solusi terbaik.
  4.  Tahap Penerapan (Implementation Phase) Sebuah proses untuk melaksanakan dan menerapkan alternative tindakan yang dipilih untuk menyelesaikan permasalahan yang telah di identifikasi => menerapkan solusi dan membuat tindak lanjut.

Sumber : https://synthesisters.com/