Pengaturan Alat-alat Pelajaran

Pengaturan Alat-alat Pelajaran

Menurut Djamarah (2005:176-177) mengungkapkan bahwa alat-alat pelajaran yang perlu diatur antara lain: (1) perpustakaan kelas, sekolah yang maju mempunyai perpustakaan disetiap kelas yang mana dalam pengaturannya diatur bersama-sama dengan peserta didik; (2) alat peraga atau media pembelajaran, alat peraga atau media pengajaran semestinya diletakkan di kelas agar memudahkan dalam penggunaannya, dalam pengaturannya juga dilakukan bersama-sama dengan peserta didik. Misalnya penempatan kapur tulis, penghapus, jam dinding, dan lain-lain; (3) papan tulis, hendaknya pengaturan papan tulis ukurannya disesuaikan, warna papan tulis harus kontras, dan penenpatannya juga memperhatikan estetika serta dapat dijangkau oleh peserta didik; (4) papan presensi anak didik, ditempatkan di bagian depan sehingga dapat dilihat oleh semua peserta didik dan dapat difungsikan sebagaimana semestinya.

 

                       2.4     Penataan Keindahan dan Pemeliharaan Kebersihan Ruang Kelas

Penataan keindahan ruang kelas, tidak lepas dari pernak-pernik seperti: gambar, hiasan, lemari, alat-alat pelajaran, dan alat-alat kebersihan. Semua komponen tersebut di tata sedemikian rupa dan rapi agar tercipta kondisi atau suasana kelas yang indah dan nyaman. Sehingga dapat mendukung kegiatan pembelajaran di dalam kelas berjalan dengan lancar. Dalam pengelolaan kelas, dapat dikatakan sebagai kelas yang ideal yaitu kelas yang terdapat gambar-gambar yang bersifat mendidik, seperti gambar pahlawan, tempat ibadat, bunga, pemandangan dan sebagainya. Lemari tempat menyimpan hasil pekerjaan siswa, perlengkapan belajar mengajar, harus ditempatkan/disimpan secara tertib dan benar. Dengan begitu, peralatan tersebut terlihat rapi, mudah dijangkau bila diperlukan dan tidak mengganggu ruang gerak siswa pada saat siswa melakukan kegiatan belajar (Sagala, 2013:86).

Sedangkan pemeliharaan kebersihan kelas berarti menjadikan ruang kelas yang bersih dan segar serta nyaman dengan cara guru membagikan sebuah tugas kepada siswa-siswinya secara bergiliran membersihkan kelas dan guru selalu mengawasi kebersihan serta ketertiban kelas. Dengan begitu dapat mempermudah peserta didik menerima pelajaran serta dapat meningkatkan semangat dan gairah belajar peserta didik (Djamarah, 2005:177-178).

baaca juga :