Pengertian Fiber Optik (Serat Optik) Dan Penyambungan Kabel Fiber Optik

Pengertian Fiber Optik (Serat Optik) Dan Penyambungan Kabel Fiber Optik

Pengertian Fiber Optik (Serat Optik) Dan Penyambungan Kabel Fiber Optik

Pengertian Fiber Optik (Serat Optik) Dan Penyambungan Kabel Fiber Optik

Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Kabel serat optik mempunyai keuntungan yang menonjol dibandingkan dengan semua pilihan kabel tembaga. Kabel serat optik memberikan kecepatan transmisi data tercepat dan lebih reliable, karena jarang terjadi kehilangan data yang disebabkan oleh interferensi listrik. Kabel serat optik juga sangat tipis dan fleksibel sehingga lebih mudah dipindahkan dari pada kabel tembaga yang berat.

Kabel Fiber Optik mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :

  1. Kapasitas bandwidth yang besar (gigabit per detik).
  2. Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 sampai lebih dari 60 kilometer).
  3. Kebal terhadap interferensi elektromagnetik.

Kabel Fiber Optik banyak digunakan pada jaringan WAN untuk komunikasi suara dan data. Kendala utama penggunaan kabel fiber optik di LAN adalah perangkat elektroniknya yang masih mahal. Sedangkan harga kabel Fiber Optiknya sendiri sebanding dengan kabel LAN UTP.

  1. Siapkan kabel fiber optik yang akan di terminasi dalam hal ini kabel yang masih utuh tanpa di sentuh apapun.
  2. Kupas kulit terluar dalam hal ini pembungkus kabel hitam sepeti gambar di bawah, jangan lupa sisakan kabel yang berwarna biru.
  3. Setelah itu coba oleskan alcohol pada bagian kabel warna biru untuk membersihkan gel yang ada pada permukaan kabel itu.
  4. Lalu, coba kupas kabel warna biru tersebut, caranya bisa menggunakan cutter, hati2 jangan sampai kabel bagian dalam terluka.
  5. Setelah selesai nanti akan kelihatan isinya berupa kabel dengan jumlan 4 helai seperti helai rambut . hati – hati jangan sampai patah , coba oleskan juga alcohol agar helai itu tidak menyatu, coba pisahkan masing – masing helai itu, dimana berupa helai dengan warna : biru,hijau,orange dan coklat.
  6. Nah di dalam lapisan helai itu adalagi lapisan kaca tapi belum core/inti fiber nya. untuk itu diperlukan alat pengupas.
  7. Kupas perlahan2 kulit pembungkus helai itu dengan alat pengupas.
  8. Setelah terkupas anda siapkan lem untuk fibernya. terdiri dari 2 cairan satunya di oleskan ke fibernya dan satunya di suntikkan ke konektornya, kemudian perlahan2 anda masukkan fibernya ke konektor, ingat jangan sampai terlambat, jika terlambat maka lemnya akan mengering dan fiber tidak bisa di tarik lagi.
  9. Kemudian silahkan potong fiber nya menggunakan pemotong yang sudah disediakan, jika hasil potongannya bagus maka kemungkinan peluang menggosok2 nya tidak lama
  10. Terakhir gunakan microscope untuk melihat hasil potongan/gosokan fibernya.

Seperti kabel lainnya kalau fiber optic patah harus disambung dari awal, artinya kabel dikupas sampai pada corenya lalu corenya disambung/displice. Ada dua cara splicing/penyambungan yaitu : Mekanical splicing dan Fusion splicing.

Mecanical splicing adalah penyambungan secara manual/mekanis dimana kedua ujung core setelah dikupas/ditelanjangi menggunakan alat penelanjang (stripper)didempetkan dengan kerapatan yang ditentukan lalu dijepit dengan alat sambung standar pabrikan FO.

Penyambungan mekanis ini biasanya bersifat darurat dengan alasan FO yang ada sangat pendek hingga tidak memungkinkan dilakukan fusion splicing, atau alasan lain karena alat sambung lebur/Fusion Splicer tidak ada atau masih menunggu dari tempat lain, sementara FO harus segera disambung.

Penyambungan mekanis ini memerlukan tingkat ketrampilan dan ketelitian yg tinggi karena betul2 manual supaya hasil ukuran lossnya rendah.

sumber :

ONE LINE 1.0.0 Apk + Mod (Unlimited Hint/Adfree) for android