PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA AHLI

1. ARISTOTELES

Sejarah adalah sebuah sistem yang meneliti satu kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk sebuah kronologi. Aristoteles juga mengungkapkan bahwa sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, record, atau bukti-bukti konkret.

2. BENEDETTO CROCE

Sejarah adalah rekaman kreasi jiwa manusia di semua bidang baik teoritik maupun praktik. Kreasi spiritual tersebut senantiasa lahir dalam hati serta pikiran manusia jenius, budayawan, atau pemikir yang mengutamakan tindakan dan pemburu agama.

3. E. H. CARR

Sejarah adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan masa lalu. Sejarah juga merupakan proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dengan fakta-fakta atau bukti yang dimilikinya.

4. J. V. BRYCE

Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, atau diperbuat oleh manusia.

5. JOHN TOSH

Sejarah adalah memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial manusia dan prospek manusia tersebut di masa depan.

6. NUGROHO NOTOSUSANTO

Sejarah adalah berbagai peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat/sosial yang terjadi di masa lalu. Sejarah juga bisa berarti sebagai sebuah kisah mengenai segala peristiwa yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan peristiwa tersebut.

7. MUHAMMAD YAMIN

Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun dari hasil penyelidikan peristiwa-peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

8. MOHAMMAD HATTA

Sejarah adalah dalam wujudnya tentang masa lampau. Sejarah bukan hanya melahirkan kriteria kejadian masa lampau, namun juga berisi pemahaman masa lampau yang memiliki berbagai dinamika, mungkin juga berisi problematik pelajaran bagi umat manusia berikutnya.

9. KUNTOWIJOYO

Sejarah menurut Kuntowijoyo merupakan hal-hal yang menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empirik. Maksudnya adalah:

a. Sejarah memiliki sifat diakronis karena berhubungan dengan waktu.
b. Sejarah memiliki sifat ideografis karena menggambarkan dan menceritakan suatu kejadian/hal.
c. Sejarah memiliki sifat unik karena berisi penelitian tentang hal-hal yang unik.
d. Sejarah memiliki sifat empiris karena bersandar pada pengalaman manusia yang sungguh terjadi.

10. ROCHIATI WIRIATMAJA

Sejarah menurut Rochiati Wiriatmaja adalah disiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai spiritual dan kultural karena kajiannya yang bersifat memberikan pedoman bagi keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai, keteladanan keberhasilan atau kegagalan, dan cerminan pengalaman kolektif. Semua itu bisa menjadi kompas dalam hidup di masa depan.


Baca Juga :