Pengertian Wireless LAN

 Pengertian Wireless LAN

 Pengertian Wireless LAN

 Pengertian Wireless LAN

Wireless atau wireless network merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya sehingga terbentuk sebuah jaringan komputer dengan menggunakan media udara/gelombang sebagai jalur lintas datanya. Pada dasarnya wireless dengan LAN merupakan sama-sama jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya, yang membedakan antara keduanya adalah media jalur lintas data yang digunakan, jika LAN masih menggunakan kabel sebagai media lintas data, sedangkan wireless menggunakan media gelombang radio/udara. Penerapan dari aplikasi wireless network ini antara lain adalah jaringan nirkabel diperusahaan, atau mobile communication seperti handphone, dan HT.

Untuk menangani masalah kabel yang begitu panjang pada saat memasang jaringan computer,kita dapat memilih alternatif wireless LAN untuk berhubungan dengan jaringan.Melalui wireless LAN kita tidak perluh bersush-payah menarik kabel untuk memasang jaringan .

Untuk mengakses jaringan wireless kita hanya membutuhkan sebuah kartu jaringan wireless yang terpasang pada computer atau laptop.untuk dapat melakukan komunikasi dengan user lain,nomor IP address kartu jaringan wireless pada masing-masing computer harus diketahui tarlebih dahulu. Jangkaun jaringan wieless tergantung dari jenis kartu wireless.

Salah satu keuntungan dari wireless adalah dapat mengakses jaringan kapanpun dan di manaapun dengan kecepatan akses data yang lebih tinggi di banding kan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Jaringan nirkabel (wireless) saat ini juga sudah di kombinasikan dengan jaringan komputer  yang  lain.sebagai contoh , saat ini telah ada penggabungan antara wireless LAN dengan jaringan internet yang membentuk sebuah jaringan hotspot.Hotspot merupakan sebutan bagi sebuah daerah tempat kita dapat melakukan koneksi ke jaringan lain atau ke internet tanpa harus menggunakan kabel.hotspot menggunakan teknologi wifi dengan frekuensi 2,4 GHz.

sumber :