Peninggalan-peninggalan Kebudayaan Hindu-Budha

Peninggalan-peninggalan Kebudayaan Hindu-Budha

            Masuknya kebudayaan India ke Indonesia telah membawa pengaruh terhadap perkembangan kebudayaan di Indonesia. Kebudayaan yang datang dari India mengalami proses penyesuaian dengan kebudayaan asli Indonesia. Terjadilah proses akulturasi. Pengaruh kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia dapat dilihat dari peninggalan-peninggalan sejarah dalam berbagai bidang, antara lain:

1)      Bidang agama, dibuktikan dengan berkembangnya agama Hindu dan Budha di Indonesia.

2)      Bidang politik dan pemerintahan, sistem pemerintahan yang berlangsung di Indonesia masih berupa pemerintahan kesukuan yang dipimpin oleh seorang kepala suku. Kemudian masuknya pengaruh India membawa pengaruh pada terbentuknya kerajaan yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia.

3)      Bidang pendidikan, lembaga-lembaga pendidikan semacam asrama merupakan bukti dari pengaruh kebudayaan Hindu-Budha. Lembaga tersebut mempelajari satu bidang saja, yaitu keagamaan.

4)      Bidang sastra dan bahasa, pengaruh kebudayaan Hindu-Budha pada bidang sastra menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa oleh masyarakat Indonesia. Karya sastra itu antara lain:

  1. Arjunawiwaha,
  2. Bharatayudha,
  3. Gatotkacasraya
  4. Arjuna wijaya dan Sutasoma
  5. Negarakertagama
  6. Wretta sancaya Lubdhaka.

5)      Bidang seni tari, relief-relief yang terdapat pada candi-candi Borobudur dan Prambanan menunjukan adanya bentuk tarian yang berkembang pada masa itu. Tarian perang, tuwung, bungkuk, ganding, matapukan merupakan tarian yang terlihat direlief candi tersebut.

6)      Hiasan pada candi atau sering disebut dengan relief yang terdapat pada candi-candi di Indonesia.

7)      Wujud akulturasi pemujaan arwah leluhur dengan ajaran Hindu-Budha yang dapat dilihat dari bentuk arca dan patung yang ditempatkan di Candi.

8)      Bidang seni bangunan. Bidang seni bangunan adalah salah satu peninggalan budaya Hindu-Budha di Indonesia yang sangat menonjol antara lain candi dan stupa.

BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Pendapat mengenai proses masuk dan berkembangnya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia, yaitu hipotesis Waisya, Hipotesis Ksatria, Hipotesis Brahmana dan teori Arus Balik. Masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budha membawa pengaruh besar di berbagai bidang. Kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha merupakan salah satu bukti adanya pengaruh kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Setiap kerajaan dipimpin oleh seorang raja yang memiliki kekuasaan mutlak dan turun-temurun. Kerajaan-kerajaan itu antara lain : Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sriwijaya, Mataram Kuno, Kerajaan Singhasari, Kerajaan Majapahit. Masuknya kebudayaan India ke Indonesia telah membawa pengaruh terhadap perkembangan kebudayaaan di Indonesia. Namun kebudayaan asli Indonesia tidak begitu luntur. Kebudayaan yang datang dari India mengalami proses penyesuaian dengan kebudayaan, maka terjadilah proses akulturasi kebudayaan.

 

https://vds.co.id/the-last-express-apk/