Penjelasan Kerangka Manusia

Penjelasan Kerangka Manusia

Penjelasan Kerangka Manusia

Penjelasan Kerangka Manusia
Penjelasan Kerangka Manusia

 

Penghantar

Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa lantaran sudah diciptakan dalam bentuk tubuh yang paling sempurna. Coba rabalah tubuhmu, mulai dari ujung jari kaki hingga ujung kepala. Adakah kepingan yang terasa keras? Bagian apa sajakah itu? Bagian yang terasa keras tersebut menawarkan adanya tulang. Tulang-tulang tersebut bersambungan dan tersusun secara teratur. Tulang-tulang yang tersusun secara teratur disebut rangka. Tulang membantu melindungi bagian-bagian tertentu pada tubuh kita. Misalnya, kepingan yang lunak dan organ-organ dalam penting menyerupai hati, jantung, paru-paru, dan ginjal. Tulang juga membantu kita bergerak atau melaksanakan kegiatan. Selain itu, tulang merupakan kerangka tubuh yang menahan dan menjaga bentuk tubuh. Coba bayangkan kalau tubuh kita tidak mempunyai rangka. Apa yang akan terjadi? Tentu tubuh kita akan jatuh terkulai dan tidak sanggup bangun tegak. Apakah yang menghubungkan antara tulang yang satu dengan tulang yang lain? Antartulang dihubungkan oleh sendi. Sendi mengakibatkan tulang terikat berpengaruh pada tempatnya. Apakah yang menggerakkan rangka tubuh? Bagian yang sanggup menggerakkan rangka disebut otot. Pada kehidupan sehari-hari otot sering disebut daging

Bagian Bagian Rangka

Bayi yang gres lahir mempunyai lebih dari 300 kepingan tulang, tetapi kebanyakan ialah tulang dewasa. Jumlah tulang pada insan cukup umur menjadi tinggal 206 tulang keras. Tulang insan cukup umur terbentuk dari sel hidup yang dikelilingi oleh mineral dan zat elastis yang disebut kolagen. Rangka manusia dikelompokkan dalam tiga kelompok, yaitu:

A. RANGKA KEPALA (TENGKORAK)

Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel wacana Bagian-bagian dan Fungsi Rangka Manusia
Rangka kepala dikenal dengan nama tengkorak. Rangka tulang kepala berbentuk bulat, disusun oleh tulang-tulang yang berbentuk pipih. Tulang-tulang ini bersatu membentuk sendi tetapi tidak sanggup digerakkan. Tulangnya keras yang mempunyai kegunaan untuk melindungi otak. Otak merupakan kepingan tubuh insan yang amat penting dan sangat lunak. Rangka kepala (tengkorak) mencakup tulang-tulang pelindung otak dan tulang tengkorak wajah.

Tulang yang menyusun rangka kepala

a. tulang dahi
b. tulang ubun-ubun
c. tulang pelipis
d. tulang tengkorak
e. tulang baji
f. tulang air mata
g. tulang pipi
h. tulang hidung
i. tulang rahang atas
j. tulang rahang bawah
k. tulang pengecap

Sumber: https://www.pendidik.co.id/pengertian-kartu-kredit-jenis-ciri-keuntungan-kerugiannya-lengkap/