Penyebab kenari sulit berjodoh

Penyebab kenari sulit berjodoh

Kenari adalah burung yang harus mempunyai penanganan khusus pada saat menjodohkan, karena burung kenari bisa berjodoh apabila dikasih perawatan yang ekstra. Salah satu perawatan ekstra tersebut adalah pemberian pakan yang bisa merangsang birahinya. Namun meskipun kita beri pakan ekstra agar kenari tersebut bisa birahi, ada juga yang harus perlu ketahui terlebiih dahulu penyebab kenari sulit berjodoh.

Inilah beberapa penyebab burung kenari sulit/tidak jodoh :

1. Perbedaan Usia yang Terlalu Jauh
Pejantan usia dewasa/tua kira-kira berumur 2-3 tahun dijodohkan dengan betina muda berumur 8-19 bulan ataupun sebaliknya. Meskipun bisa berjodoh namun kita pperlu kesabaran yang ekstra, namun pada beberapa kasus gagal jodoh sering kali terjadi pada perbedaan usia yang sangat jauh.
2.  Perbedaan Jenis Burung Kenari
Dalam menjodohkan burung kenari antara pejantan Lokal dijodohkan dengan Betina F1/yorkshire atau sebaliknya, akan lebih sulit dijodohkan dibanding dengan pejantan lokal dengan betina lokal. Karena perbedaan jenis burung kenari inilah sering kali memperlama/mempersulit proses perjodohan.
3. Perbedaan Warna Bulu Burung Kenari
Perbedaan warna bulu juga sering kali menjadi alasan kenapa kenari sulit berjodoh, misalnya burung kenari dengan warna putih dijohkan dengan warna kuning. Akan lebih mudah jika kita menjodohkan burung kenari dengan warna yang sama putih dengan putih atau kuning dengan kuning.
4. Perbedaan Riwayat Perkawinan
Betina sudah pernah produk (bertelur/beranak) dijodohkan dengan pejantan perjaka alias belum pernah ngawin, atau sebaliknya pejantantan yang sudah pernah kawin dijodohkan dengan betina yang belum pernah kawin. Meskipun berhasil, biasanya kita agak sedikit mengalami kesulitan, lebih mudah menjodohkan betina sudah pernah produksi dijodohkan dengan pejantan sudah pernah ngawin.
6. Salah Satu atau Kedua Burung Kenari Menderita Sakit
Salah satu burng yang sakit pasti akan sulit dijodohkan atau bahkan mala tidak mau dijodohkan. Jika anda mengetahui saah satu burung kenari yang mau dijodohkan sakit, maka obatilah terlebih dahulu kenari yang sakit tersebut.
Mungkin itu saja penyebab kenari yang sukar untuk dijodohka, kurang lebihnya artikel diatas mohon dikoreksi

Baca juga: