Perkembangan ajaran islam pada masa modern

Perkembangan ajaran islam pada masa modern

Perkembangan ajaran islam pada masa modern

Perkembangan ajaran islam pada masa modern
Perkembangan ajaran islam pada masa modern

Masa moderen ini memberikan landasan intelektual bagi pembaruan di berbagai bidang. Dalam artikel kali ini akan mengulas tentang :

Perkembangan ajaran islam pada masa modern
Perkembangan ajaran islam pada masa modern
Perkembagan politik islam
Perkembagan ekonomi islam
Perkembagan ilmu pengetahuan dan teknologi islam
Perkembagan seni dan budaya islam
Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

Perkembangan politik

Terdapat 2 agenda pembaruan dalam masyarakat islam tentang pekembangan politik yaitu :

Persoalan internasional politik islam – Jamaluddin al afgani merupakan tokoh utama penggagas internasional islam di bidang politik. Menurut al-afgani umat islam harus menyatukan barisan dan kekutannya dalam satu bentuk pan-islamisme . hal ini menjadi salah satu cara untuk membentengi diri umat islam dari dominasi penjejahan.

Persoalan hubungan agama dengan konsep negara dalam islam – Respon umat islam terhadap masalah ini muncul dalam tiga bentuk yaitu respon kalangan modernis, revivalis dan sekularis. Menurut kalangan revivalis bentuk negara islam harus di kembalikan dalam bentuk pengalaman awal sejarah islam (masa rasullulah dan khulafaurrasyidin). Bagi kalangan modernis,bentuk negara islam diserhakna sepenuhnya kepada kebutuhan zamannya masing-masing yang penting adalah bahwa pengolaan politiknya harus mempunyai landasan etik islam yang kuat. Sedangkan dari kalangan sekularis bahwa islam tidak mengatur masalah –masalah kenagaraan. Tidak memerintahkan dan juga tidak melarangnya.

Perkembangan ekonomi

Perekonomian yang mapan merupakan syarat utama bagi kelangsungan hidup dan hal ini disadarioleh kerjaanusmani sebagai negara yang mengalami awal masa pembaruan maka dalam perekonomian kerajaan usmani melakukan hal-hal sebagai berikut.

Pada periode pertama,usmani bertujuan menguasai beberapa jalur perdangan dan beberapa sumber produktifitas

Berbagai produk dari iran, teluk persia, dan laut merah membantu dalam menjadikan usmani sebagai pusat perdagangan yang makmur

Beberapa rute haji mengantarkan warga dari berbagai wilayah kerjaan usmani ke mekah dan madinah

Melalui mesir pihak kerajaan usmani menjalankan perdagangan dengan sudah, afrika utara, dan afrika barat.

Perkembagan ilmu pengetahuan dan teknologi

Ilmu filsafat – Ilmu filsafat adalah ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal dan hukumnya berdasrkan kepada ajaran islam. Tokoh-tokoh antara lain al-kindi, ibnu sina, ibnu rasyid dan al-ghazali.

Ilmu fiqih – Ilmu fiqih adalah ilmu yang menerangkan tentang hukum-hukum syara’ di ambil dari dalil-dalil yang terperinci yaitu al-qur’an . al-hadis dan ijtihad

Ilmu kodekteran – Ilmu kedokteran adalah ilmu yang mempelajari tentang cara-cara memelihara kesehatan, mencegah penyakit dan menyembuhkan penyakit. Tokoh-tokohnya antara lain ibnu sina, ibnu rasyid, humain ibnu ishak, ibnu ula, Az-zahrani.

Ilmu geografi – Ilmu geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, penduduk , flora dan fauna hasil yang di peroleh di bumi. Tokoh-tokohnya antara lain ibnu batutah, ibnu jufair, al-hamawi.

Ilmu geometri – Ilmu geometri adalah ilmu ukur, cabang matematika yang menjelaskan tentang sifat-sifat garis, sudut , bidang dan ruang. Ilmu geometri dapat dimanfaatkan antara lain untuk kepentingan peracangan bangunan seperti masjid, perkantoran dan perumahan. Tokoh – tokohnya antara lain : jabir al-isbi. Al-farabi, An-niraizi, Al-khwarizmi, ibnu yunus.

Perkembangan seni dan budaya

Pra ilmuan muslim juga banyak yang berkiprah dalam, pengembagan seni arsitektur. Islam berupa bangunan masjid yang indah, seperti masjid sultan muhammad al-fatih. Masjid sulaiman dan masjid ayyub al-anshori.

Islam adalah negara agama yang fleksibel maksudnya adalah agama yang mampu menyesuaikan dangan perubahan zaman dan perdaban.

Maka dari itu islam menuntut untuk menuntut ilmu dari buayan hingga ke liang lahat, hal ini mengajarkan bahwa sebagai manusia dan muslim kita dituntun menjadi insan yang cerdas dan beakhlak yang baik.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2018/09/kumpulan-bacaan-sholawat-nabi-muhammad-saw.html