PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA UTSMAN BIN AFFAN

PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA UTSMAN BIN AFFAN

PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA UTSMAN BIN AFFAN

PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA UTSMAN BIN AFFAN

1.Utsman     sebelum        masuk   Islam
Utsman dilahirkan di mekkah pada tahun 573 masehi bertepatan dengan tahun ke enam dari kelahiran nabi saw. Ayahandanya ‘Affan ibn Abi Ash keturunan Bani Umayyah yang cukup diegani pada saat itu. Dan jika ditelusuri silsilah keturunannya dengan nabi maka akan bertemu pada            kakeknya yang            keenam yakni  AbdiManaf ibn Qushay.

Utsman adalah saudagar sukses yang berlimpah kekayaan harta. Namun, meski demikian beliau dikenal sebagai sosok yang rendah hati, pemalu, dan dermawan sehingga beliau begitu dihormati oleh         masyarakat  disekelilingnya.

 

2.Utsman     memeluk Islam

Masuknya utsman kedalam    islam berawal dari sebuah suara dalam mimpinya di bawah rindang pohon antara maan dan azzarqa yang menyarankan agar beliau segera kembali ke mekkah sebab orang yang bernama Muhammad telah muncul membawa ajaran baru yang kelak akan merubah duniasebagai       utusan  tuhan.
Setelah terbangun dari mimpinya beliau bergegas kembali ke mekkah dan menanyakan hal ihwal ataupun makna yang tersimpan dari kejadian yang menimpanya. Kemudian beliau bertemu dengan Abu bakar dan mengajaknya untuk mengikuti langkahnya yang lebih dahulu memeluk islam. Lalu menghadaplah keduanya kepada rasulullah untuk menyatakan keislamanny

sumber :
https://kamaldc.co.id/akashic-portal-apk/