RINGKASAN PERISTIWA YANG TERJADI PADA KETATANEGARAAN SAAT ITU

RINGKASAN PERISTIWA YANG TERJADI PADA KETATANEGARAAN SAAT ITU

  1. AGRESI MELITER 1

Pada tanggal 27 Mei 1947, Belanda mengirimkan Nota Ultimatum yang harus dijawab dalam 14 hari yang berisi :

  1. Membentuk pemerintahan AD Interim bersama
  2. Mengeluarkan uang bersama dan mendirikan lembaga devisa bersama
  3. Republik Indonesia harus mengirimkan beras untuk rakyat didaerah-daerah yang diduduki Belanda
  4. Menyelenggarakan keamanan dan kettertiban bersama, termasuk daerah-daerah republic yang memerlukan bantuan Belanda ( gendar merie bersama )
  5. Menyelenggarakan pemilikan bersama atas impor dan ekspor.

Perdana menteri syahrir menyatakan kesediaan untuk mengakui kedaulatan Belanda selama masa peralihan, tetapi menolak gendar merie bersama. Jawaban ini mendapatkan reaksi keras dari kalangan parpol-parpol di republik. Ketika jawaban yang memuaskan tidak kunjung tiba, Belanda terus  “ mengembalikan ketertiban dengan tindakan kepolisian “. Pada tanggal 20 juli 1947 tengah malam (tepatnya 21 juli 1947 ) mulailah pihak Belanda melancarkan ‘ aksi polisionil’ maka mereka yang pertama.

  1. Naiknya Amir Syarifudin sebagai Perdana Menteri

Setelah terjadinya Agresi Militer Belanda I pada bulan Juli, pengganti Syahir adalah Amir Syarifudin yang sebelumnya menjabat sebagai Mentri Pertahanan. Dalam kapasitasnya sebagai perdana mentri, dia menggait anggota PSII ysngn dulu untuk duduk dalam kabinetnya. Termasuk menawarkan kepada S.M.Kartosoewirjo untuk turut serta dalam kabinetnya menjadi wakil menteri pertahananan.

  1. Perjanjian Renville

Pada tanggal 19 January 1948 ditandatangani persetujuan Renville wilayah Republik selama masa peralihan sampai penyeelesaian akhir dicapai, bahkan lebih terbatas lagi ketimbang persetujuan linggarjati hanya meliputi sebagaian kecil Jawa Tengah dan  ujung barat pulau jawa-banten tetap daerah Republik Plebiasiit akan diselenggarakan untuk menentukan masa depan wilayah yang baru diperoleh Belanda lewat aksi militer.

sumber :

https://forbeslux.co.id/toy-defense-apk/