Siap Dorong Sektor Usaha dan Industri

Siap Dorong Sektor Usaha dan Industri

Siap Dorong Sektor Usaha dan Industri

Siap Dorong Sektor Usaha dan Industri
Siap Dorong Sektor Usaha dan Industri

Seiring berkembangannya teknologi saat ini, mempengaruhi banyak hal, diantaranya

dalam dunia usaha dan industri. Dunia usaha dan industri dewasa ini, sedang mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni untuk mengembangkan usaha dan industri itu sendiri.

Berkaitan dengan hal itu, SMK Negeri 1 Sumedang siap mendorong peserta didiknya dengan program dunia usaha dan industri. Dalam prosesnya, SMKN 1 Sumedang banyak menggandeng pihak industri untuk melaksanakan kerja sama, salah satunya industri yang bergerak di bidang teknik mesin.

Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Sumedang, Yuyun Syarifuddin memaparkan bahwa diadakannya

program ini agar peserta didik saat lulus nanti sudah siap bekerja di sektor usaha dan industri. ”Tujuannya diadakan program ini supaya nanti siswa dan siswi ketika sudah lulus sekolah itu siap bekerja di bidang usaha dan industri saat ini,” paparnya kepada Jabar Ekspres, Selasa (24/4) lalu.

Dengan jumlah tenaga pendidik dan kependidikan yang sampai 139 orang, SMKN 1 Sumedang yang berlokasi di jalan Mayor Abdurakhman nomor 209 Kabupaten Sumedang memiliki visi menjadi sekolah rujukan yang menghasilkan lulusan berkarakter, cerdas, kompeten dan kompetetif pada tahun 2020.

SMKN 1 Sumedang mempunyai 7 Program Keahlian diantaranya Teknik Konstruksi dan Properto,

Teknik Elektronika, Teknik-Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer dan Informatika dan Seni Karawitan.

Yuyun juga menjelaskan bahwa pihaknya tidak hanya menjalin kerja sama dengan perusahaan dalam sektor usaha dan industri saja. ”Tidak semua anak yang sekolah di SMK mempunyai minat untuk lanjut ke dunia industri. Maka dari itu, kami melakukan kerjasama dengan pihak kepolisian juga untuk melakukan pembinaan bagi siswa dan siswi yang bercita-cita menjadi seorang polisi,” jelas Yuyun.

Yuyun menambahkan dalam upaya mendorong program dunia usaha dan industri kami pihak sekolah berkerjasama juga dengan pihak industri dari Jepang sehingga setiap tahunnya kami memberangkatkan siswa berprestasi ke jepang. Dimana seleksi yang dilakukan langsung melibatkan pihak industri dari Jepang.

”Dengan banyaknya permintaan dari pihak industri terkait atitude dari siswa kami terus berupaya agar siswa lulusan SMKN 1 Sumedang bisa berkarakter baik di masyarakat maupun di lingkungan pekerjaan. Salah satunya dengan selalu membaca asmaul husna di setiap selesai melaksanakan upacara,” tutup Yuyun

 

Sumber :

https://egriechen.info/