Susunan Protokol

Susunan Protokol

Protokol jaringan disusun dalam bentuk lapisan – lapisan (layer). Hal ini mengandung artisupaya jaringan yang dibuat nantinya tidak menjadi rumit. Di dalam layer ini, jumlah, nama isi danfungsi setiap layer berbeda – beda. Akan tetapi, tujuan dari setiap layer ini adalah memeberi layananke layer – layer yang ada di atasnya. Susunan dalam layer ini menunjukkan tahapan dalammelakukan komunikasi.Antara setiap layer yang berdekatan terdapat sebuah interface. Interface ini menentukanlayanan layer yang dibawah kepada layer yang diatasnya. Pada saat merencanakan sebuah jaringan,hendaknya mempertimbangkan bagaimana menentukan interface yang tepat yang akan ditempatkandiantara dua layer yang bersangkutan.Sebuah himpunan layer dan protokol disebut arsitektur jaringan. Sebuah arsitektur harusterdiri dari infomasi yang cukup memungkinkan suatu implementasi menulis program ataumembentuk perangkat keras pada setiap layer-nya

2.4 Standarisasi Protokol

Sesuai dengan perkembangan teknologi dan komunikasi sekarang ini, setiap systemcomputer mempunyai cirikhas tersendiri. Masing – masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.Hal inilah yang menimbulkan keinginan untuk dapat saling menghubungkan komunikasi antara berbagai system computer yang beredar dipasaran. Berbagai yang berperan dalam usaha tersebutantara lain:

  • Electronic Industries Association (EIA)
  • Committee Consultative de Telegrapque et Telephonique (CCITT)
  • International Standart Organization (ISO)
  • American National Standart Institute (ANSI)
  • Institute of Elektrical and Electronic Enginners (IEEE)

Perusahaan tersebut di atas saling bekerja sama dalam menentukan standarisasi khususnyayang menyngkut komunikasi data. Sebelum dilakukan standarisasi, terdapat berbagai macam protocol yang digunakan oleh perusahaan peralatan komunikasi atau system computer. Para produsen merancang protocol sendiri guna untuk memonopoli pasar. Oleh sebab itu standarisaisangatlah perlu dalam industry komunikasi untuk mengatur dan menetapkan karakter elektris, fisik, prosedur dari proses komunikasi data. Selain itu, perlunya standarisasi dalam jaringan computer antara lain:Standarisasi member jaminan kepada produsen hard ware dan software bahwa produknyaakan banyak digunakan oleh pemakai dengan kata lain potensi pasar menjadi lebih besar.Standarisasi menjadikan produk dari para produsen computer dapat saling berkomunikasi,sehingga pembeli menjadi lebih leluasa dalam memilih peralatal dan menggunakannya.Dengan standarisasi maka produsen tidak dapat melakukan monopoli pasar sehinggaharga produk menjadi lebih murah, karena terjadi persaingan sehat antar para produsen dalam menjual produknya.

sumber :