Ternak kelinci

Ternak kelinci

 

 

 

 

 

Pakan

Pakan yang baik untuk kelinci adalah yang terdiri dari daun dan sayuran hijau, biji-bijian, dan Konsentrat. makanan hijau diantaranya adalah: rumput, limbah sayuran misalnya kangkung, selada air, daun bunga kol, wortel dll. Sayuran yang diberikan kepada kelinci adalah sayuran yang sudah layu dan bukannya yang masih segar. Sayuran yang layu selain memiliki serat yang lebih tinggi tetapi juga sudah tidak ada getah dan racun yang dapat menyebabkan penyakit mencret dan kejang-kejang pada kelinci. Untuk makanan biji-bijian diantaranya: janggung yang digiling dengan halus dan dicampur dengan konsentrat. Konsentrat: polard (kulit gandum), dedak halus, ampas tahu.

Jadwal Pemberian Pakan:

Jam 07.00/08.00 Hijauan dengan jumlah sedikit. Sebelumnya bersihkan kandang terlebih dahulu. Pukul 10.00 diberikan pakan konsentrat, dan jam 15.00 diberikan hijauan lagi tetapi dengan jumlah yang lebih banyak.Konsentrat untuk induk yang sedang hamil sebanyak 1ons/hari. Untuk Induk menyusui: 1.5-2 ons perhari. sedangkan untuk hijauan diberikan secara secukupnya. perbandingan pakan yang bagus adalah 3:1

 

 

Penyakit

Penyakit yang sering menjangkit kelinci adalah kudis, mencret dan perut kembung. Kudis biasanya diobati dengan menggunakan vormectin yang bisa kita beli di toko hewan peliharaan terdekat. Mencret biasanya disebabkan oleh pola makan yang salah dan juga pemberian sayuran hijau yang sudah basi atau yang mengaduk banyak air dan sedikit kandungan serat. Untuk mencegah penyakit perut kembung bisa dilakukan dengan mencegah memberikan pakan yang masih basah dan mengandung banyak air. Jika terlanjur terjadi maka cara mengobatinya adalah dengan memberikan norit atau minyak adas.