TINGKATAN MANAJEMEN STRATEGI

TINGKATAN MANAJEMEN STRATEGI

TINGKATAN MANAJEMEN STRATEGI

TINGKATAN MANAJEMEN STRATEGI

Strategi dalam sebuah bisnis dapat dibedakan menjadi beberapa tingkatan, antara lain:

1. STRATEGI KORPORAT

Strategi ini dirumuskan untuk mencapai tujuan korporat atau bisnis secara keseluruhan yang mencakup bagaimana mengintegrasikan dan mengelola semua bisnis. Strategi korporat merupakan game plan keseluruhan dari perusahaan diversifikasi. Strategi ini menjadi pedoman bagi seluruh unit bisnis yang dimiliki perusahaan.

2. STRATEGI BISNIS

Strategi level unit bisnis ini berupa strategi di level anak perusahaan, divisi, lini produk, atau profi centre yang lain yang memiliki hak pengelolaan bisnisnya sendiri. Dalam strategi ini hal yang menjadi pembahasan adalah bagaimana mengkoordinasikan fungsi-fingsi bisnis untuk mencacpai keunggulan kompetitif.

3. STRATEGI FUNGSIONAL

Merupakan strategi yang diformulasikan dan diimplementasikan di level fungsi manajemen dari tiap bisnis, seperti keuangan, fungsi SDM, pemasaran, dan operasional. Level ini menjadi pusat informasi manajemen strategi di level yang lebih atas, yakni bisnis dan korporat.

4. STRATEGI OPERASIONAL

Strategi ini diformulasikan di unit-unit operasional seperti penjualan, distribusi, promosi, penyimpanan, persediaan, penggajian dan lain sebagainya


Sumber: https://mayrhofen-harakiri.com/rom-toolbox-pro-apk/