TIPS SIMPLE BUDIDAYA IKAN GUPPY

TIPS SIMPLE BUDIDAYA IKAN GUPPY

Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang mudah membiak. Habitat asli ikan guppy di danau-danau dan sungai berair tenang. Ikan ini bisa juga bertahan di air payau yang memiliki kadar garam tinggi. Ikan guppy digemari sebagai ikan hias karena keindahan warna dan bentuk siripnya. Terutama ikan yang berkelamin jantan, karena hanya yang jantan yang memiliki sirip indah. Sedangkan ikan betina warnanya cenderung kusam. Sama seperti halnya ikan cupang. Ikan guppy tidak hanya digemari untuk kalangan anak-anak saja, melainkan kalangan orang dewasa juga banyak yang menggemarinya.

kelebihan atau keunggulan ikan guppy lebih digemari ketimbang ikan cupang yaitu corak ekor dan jenisnya lebih banyak dari berbagai jenis ikan cupang, kemudian usia ikan guppy bisa lebih lama dari ikan cupang serta mudah untuk merawat ikan guppy tersebut. kekurangan dari ikan guppy yaitu harganya yang relatif mahal tergantung bagus tidaknya corak ekornya dan jenisnya. jika semakin bagus corak ekornya semakin mahal juga harga untuk membelinya.

berikut ini ada tips simple untuk membudidayakan ikan guppy.

Pertama siapkan dulu wadah untuk membudidayakan ikan guppy yaitu bisa dengan akuarium, box kulkas bekas (sterefoamnya) atau juga ember plastik.
untuk ukuran wadah-wadahnya bisa disesuaikan dengan banyaknya ikan yang akan dibudidayakan.

Jika anda baru akan memulai budidaya ikan guppy, langkah kedua yaitu memilih indukan yang berkualitas. pilihlah indukan guppy jantan yang memiliki corak dan warna ekor yang terang dan kontras agar nanti melahirkan ikan guppy yang berkualitas juga. biasanya indukan yang siap untuk dipijahkan minimal berumur 4 bulan.

Ketiga yaitu pemijahan ikan guppy. untuk proses ini bisa dilakukan dengan menempatkan sepasang ikan guppy jantan dan ikan guppy betina dalam satu akuarium kecil. namun agar proses pemijahan lebih praktis dan ekonomis bisa dilakukan pemijahan secara massal, yakni menempatkan beberapa indukan didalam akuarium besar. komposisi untuk pemijahan massal antara ikan jantan dan betina biasanya 1:3. Biasanya proses pemijahan dibiarkan berlangsung selama 4-7 hari. Segera pisahkan betina yang telah dibuahi kedalam wadah penetasan.

Selanjutnya proses penetasan. Wadah penetasan diisi air bersih bersih. Kualitas air harus terus dipertahankan dengan cara mengganti sepertiga air dengan air baru setiap 1-3 hari sekali. Ikan guppy merupakan ikan yang melahirkan. Embrio tumbuh di dalam perut hingga siap untuk dilahirkan. Lama kehamilan, terhitung mulai dari pemijahan hingga kelahiran berlangsung 3-4 minggu. dalam satu kelahiran biasanya induk guppy betina dapat melahirkan 15 – 30 ekor dalam satu pasang pemijahan. jika proses pemijahan secara massal akan menghasilkan anakan  ikan guppy yang lebih banyak lagi.

Langkah kelima yaitu pemisahan anakan ikan guppy yang baru lahir dengan indukan agar tidak dimakan ketika sang induk mulai lapar. tempatkan anakan ikan guppy ke wadah tersendiri. untuk pakan yang diberikan yaitu bisa dengan kutu air. jika usia anakan ikan guppy sudah memasuki waktu 5 minggu bisa diberi makan cacing sutra atau jentik-jentik nyamuk agar pertumbuhan ikan semakin cepat besar.

Untuk menghasilkan ikan guppy jenis baru bisa dilakukan dengan penyilangan jenis guppy yang satu dengan yang lainnya. Namun peluang untuk mendapatkan jenis ikan guppy baru sangatlah sulit.

Kesuksesan budidaya ikan guppy ditentukan dengan banyaknya kelahiran ikan jantan. Karena hanya ikan jantan yang diminati sebagai ikan hias akuarium.

Begitulah tips simple untuk membudidayakan ikan guppy dari saya. Semoga Bermanfaat dan bisa dicoba untuk para penggemar ikan guppy.