Tokoh yang berperan dalam Konsep Teori Ilmu sosial

Tokoh yang berperan dalam Konsep Teori Ilmu sosial

  1. Auguste Comte : Auguste Comte seorang filsuf Perancis yang dikenal karena memperkenalkan bidang ilmu sosiologi serta aliran positivisme. Melalui prinsip positivisme, Comte membangun dasar yang digunakan oleh akademisi saat ini yaitu pengaplikasian metode ilmiah dalam ilmu sosial sebagai sarana dalam memperoleh kebenaran. Auguste Comte disebut sebagai Bapak Sosiologi karena dialah yang pertama kali memakai istilah sosiologi dan mengkaji sosiologi secara sistematis, sehingga ilmu tersebut melepaskan diri dari filsafat dan berdiri sendiri sejak pertengahan abad ke-19 (1856). Menurut Auguste Comte sosiologi berarti suatu studi positif tentang hukum – hukum dasar dari berbagai gejala social yang dibedakan menjadi sosiologi statis dan sosiologi dinamis.
  2. Pitirim A. Sorokin : Pitirim Alexandrovich Sorokin lahir di Rusia pada 21 Januari 1889. Ia adalah seorang akademis dan aktivitas politik di Rusia. Ia bernigrasi dari Rusia ke Amerika pada tahun 1923. ia mendirikan departemen Sosiologi di Universitas Harvad. Ia terkenal untuk sumbangannya kepada teori siklus sosial. Di Amerika ia menetap secara tetap pada tahun 1930 Sorokin adalah Profesor sosiologi di University of Minnesota (1924-1930) dan Universitas Harvad pada tahun 1930-1955. Tulisan Sorokin mencakup luasnya luasnya sosiologi. Kontroversial teori proses sosial dan tipologi historis budaya yang di uraikan dalam dinamika sosial dan budayadan banyak karya lainnya. Sorokin juga tertarik pada stratifikasi sosial yang sejarah teori sosiologis, dan perilaku altueristik. Sorokin adalah penulis buku seperti Krisis usia kita dan power dan moralias.
  3. Emile Durkheim : Emile Durkheim lahir di Epinal, Perancis timur, tahun 1858. Ia adalah seorang pemeluk Katholik meskipun ayahnya adalah seorang petinggi Yahudi, namun kemudian ia memilih untuk tidak tahu menahu tentang Katholik. Ia lebih menaruh perhatian pada masalah moralitas, terutama moralitas kolektif. Durkheim terkenal sebagai sosiolog yang brilian dan memiliki latar belakang akademis dalam ilmu sosiologis. Dengan mengikuti tradisi yang digariskan oleh Saint-Simon (1760-1825), Durkheim adalah seorang murid yang ragu-ragu tetapi dari August Comte (1798-1857), perintis positivisme Perancis yang menciptakan kata Sosiologi. Menurut Emile Durkheim Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta – fakta sosial, yakni faka yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperaasaan yang berada diluar individu dimana fakta – fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu
  4. sumber :

https://legendsbargrill.com/noblemen-apk/