Tujuan dan Target Pembangunan Nasional

Tujuan dan Target Pembangunan Nasional

Tujuan dan Target Pembangunan Nasional

Tujuan dan Target Pembangunan Nasional
Tujuan dan Target Pembangunan Nasional

Pembangunan pada umumnya berdampak terhadap pencemaran lingkungan. Bagimana semoga tujuan nasional tersebut sanggup tercapai? Berikut pembahasannya!

Setiap negara niscaya mempunyai tujuan dan sasaran pembangunan, tidak terkecuali negara Indonesia. Tujuan dan sasaran pembangunan ditetapkan sebagai arah dan prioritas yang diambil pemerintah dalam melakukan pembangunan, sehingga alokasi dana dan aneka macam kebijakan sanggup ditetapkan untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Tujuan dan Sasaran Pembangunan Nasional

Tujuan dan sasaran pembangunan Indonesia adalah membangun insan Indonesia seutuhnya yang adil dan makmur menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Tujuan dan sasaran pembangunan nasional sebagaimana tercantum dan tersirat dalam Pembukaan (https://blog.fe-saburai.ac.id/pengertian-seni-rupa-murni-jenis-gambar-dan-10-contohnya/)

Undang-Undang Dasar 1945 adalah:

1. melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,

2. memajukan kesejahteraan umum,

3. mencerdaskan kehidupan bangsa, dan

4. ikut melakukan ketertiban dunia yang menurut kemerdekaan, perdamaian kekal dan keadilan sosial.

Trilogi Pembangunan

Dalam pelaksanaannya, pembangunan nasional yang dilaksanakan bertumpu pada Trilogi Pembangunan, yaitu pemerataan pembangunan dan hasilhasilnya, pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, serta stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.

Ketiga referensi pembangunan tersebut dikala ini dilengkapi pula dengan upaya-upaya pelestarian lingkungan, sehingga pembangunan yang dilakukan kini diperlukan tidak mengganggu kelangsungan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh generasi penerus.

Pola pembangunan yang demikian disebut dengan pembangunan berwawasan lingkungan atau pembangunan yang berkelanjutan.