Tujuan Konseling Kelompok

Tujuan Konseling Kelompok

  1. a)  Menurut Mungin Eddy Wibowo,Tujuan yang ingin dicapai dalam konseling kelompok, yaitu pengembangan pribadi, pembahasan dan pemecahan masalah pribadi yang dialami oleh masing-masing anggota kelompok, agar terhindar dari masalah dan masalah terselesaikan dengan cepat melalui bantuan anggota kelompok yang lain.[20]
  2. b)  Menurut Dewa Ketut Sukardi, Tujuan konseling kelompok,[21]meliputi:

1)  Melatih anggota kelompok agar berani berbicara dengan orang banyak

2)  Melatih  anggotakelompok dapat bertenggang rasa terhadap teman sebayanya

3)  Dapat mengembangkan bakat dan minat masing-masing anggota kelompok

4)  Mengentaskan permasalahan – permasalahan kelompok.

  1. c)   Menurut Prayitno, (1997:80). Konseling kelompok memungkinkan siswa memperoleh kesempatan bagi pembahasan dan pengentasan masalah yang dialami melalui dinamika kelompok.
  1. Prosedur Pelaksanaan Konseling Kelompok

Prosedur pelaksanaan menurut Prayitno, Bimbingan kelompok dan Konseling Kelompok diselenggarakan melalui empat tahap kegiatan, yaitu :

  1. Tahap pembentukan, yaitu tahap untuk membentuk sejumlah individu menjadi satu kelompok yang siap mengembangkan dinamika kelompok untuk mencapai tujuan bersama
  2. Tahap peralihan, yaitu tahapan untuk mengalihkan kegiatan awal kelompok ke kegiatan berikutnya yang lebih terarah pada pencapaian tujuan kelompok.
  3. Tahap kegiatan, yaitu tahap “kegiatan inti” untuk membahas topik-topik tertentu  atau mengentaskan masalah pribadi anggota kelompok.
  4. Tahap pengakhiran, yaitu tahapan akhir kegiatan untuk melihat kembali apa yang sudah dilakukan dan dicapai oleh kelompok, serta merencanakan kegiatan selanjutnya.

sumber :

https://www.dosenmatematika.co.id/seva-mobil-bekas/